Saya selalu bingung jika mendapat orderan untuk membuat itinerary untuk wisata keluarga di Kyoto. Oke, kota tersebut memang sangatlah cantik; bernuansa ala kota tua dan memiliki banyak kuil dan istana populer yang masih terjaga kondisinya sekalipun usianya sudah berabad-abad.

Orang dewasa, khususnya yang suka dengan segala sesuatu yang otentik, pastilah menyukai kota ini. Namun pertanyannya, berapa banyak anak-anak yang akan suka diajak untuk mengunjungi kuil? Berapa banyak anak-anak yang akan menjerit kegirangan karena masuk ke dalam istana? Dan berapa banyak anak yang bisa tahan lama menjelajah distrik Gion tanpa merengek untuk dibawa ke theme park?

Kesimpulannya, membuat itinerary untuk wisata keluarga ke Kyoto itu susah-susah gampang. Namun bukan berarti kota ini kering akan obyek wisata yang bisa membuat anak-anak terpukau hingga lupa untuk merengek. Walau tak memiliki roller coaster yang akan mengguncang adrenalin maupun memiliki rumah hantu terseram di Jepang, masih ada beberapa spot di Kyoto yang bisa menjadi hiburan untuk anak-anak. Berikut ini contoh itinerary yang bisa dicontek bagi mereka yang berencana membawa keluarga, khususnya anak-anak, saat berwisata ke Kyoto.

Judul Trip: Wisata keluarga di Kyoto

Target pasar: Keluarga, khususnya yang memiliki anak usia TK-SD

Jenis trip: Fun, sightseeing, experience

Starting point: Stasiun Kyoto

 

Detail rute:

#1: Stasiun Kyoto

Mari mulai penjelajahan hari ini dari Stasiun Kyoto, dengan perkiraan waktu wisata mulai dari pagi hari. Jika kalian menginap di Kyoto, maupun jika kalian berangkat dari kota di sekitar Kyoto (seperti Osaka dan Nara), kalian bisa mencari sarapan dulu di area stasiun ini.

Stasiun Kyoto [foto: Sailko/wikimedia]
Stasiun Kyoto [foto: Sailko/wikimedia]
Setelah selesai urusan di Stasiun Kyoto, berjalanlah ke arah barat selama 15 menit. Maka kalian akan menemukan obyek wisata pertama dari rute ini, yaitu Kyoto Aquarium.

#2: Kyoto Aquarium

(estimasi waktu wisata: 1-2 jam)

Jam operasional: 09.00-17.00, penjualan tiket terakhir pukul 16.00
Biaya: 2050 yen*

Kyoto Aquarium? Memangnya di Kyoto ada akuarium? Bukannya Kyoto itu kota yang diapit pegunungan dan jauh dari laut ya?

Kyoto memang jauh dari laut, namun kota ini dilalui oleh beberapa sungai yang memiliki ekosistem yang kaya. Lagipula, dengan teknologi terkini, tak sulit untuk menciptakan kehidupan laut di kota manapun, termasuk yang berada di pegunungan.

Ngomong-ngomong, Kyoto Akuarium ini terbilang masih baru karena baru beroperasi pada bulan Maret 2012. Walau masih baru, tempat ini cukup menarik karena memiliki beragam koleksi hewan laut dan air tawar, termasuk memiliki stadium yang menampilkan pertunjukan lumba-lumba.

Kyoto Aquarium [foto: Mti/wikimedia]
Kyoto Aquarium [foto: Mti/wikimedia]

#3: Kyoto Aquarium – Toei Eigamura

Biaya: bervariasi
Waktu tempuh: bervariasi
Akses:

  • [via kereta] pertama, dari Kyoto Aquarium, kembali lagi ke arah Stasiun Kyoto dan naik JR Sagano Line dan turun di Stasiun Uzumasa (13 menit, 200 yen*) atau di Stasiun Hanazono (10 menit, 200 yen*). Toei Eigamura berjarak 5 menit jalan kaki dari Stasiun Uzumasa, dan 15 menit jalan kaki dari Stasiun Hanazono.
  • [via bus] Dari Kyoto Aquarium, jalan kaki dulu 7 menit untuk mencapai halte bus, lalu naik bus 205 yang menuju Kujo shakomae. Turun di halte bus Nishiojishijo, ganti naik bus no 91 dan turun halte bus Uzumasaeigamura-do. Lanjutkan dengan berjalan kaki 6 menit ke lokasi Toei Eigamura.

#4: Toei Uzumasa Eigamura / Toei Kyoto Studio Park 

(estimasi waktu wisata: 1-2 jam)

Jam operasional: kira-kira 09.00-17.00
Biaya: 2200 yen*

Tempat ini sejatinya merupakan sebuah theme park outdoor yang kerap digunakan sebagai tempat shooting film klasik Jepang. Tempatnya dirancang menyerupai kota kecil pada Periode Edo. Menariknya, di tempat ini kalian bisa menyewa kostum klasik Jepang dan kemudian berbaur bersama pengunjung lainnya yang juga berkostum sejenis dan berpura-pura menjadi bagian dari penduduk pada periode Edo.

Jika kalian beruntung, mungkin saja saat berkunjung ke tempat ini kalian bisa melihat langsung para aktor yang tengah menjalani proses shooting film.

Toei Uzumasa Eigamura [foto: Japanexperterna.se/wikimedia]
Toei Uzumasa Eigamura [foto: Japanexperterna.se/wikimedia]
Dari Toei Uzumasa Eigamura, kembali lagi ke halte bus terdekat dan naik bus yang menuju ke Nijo Castle dan turun di halte bus Shinsen’enmae. Dari sana, lanjutkan berjalan kaki 1 menit menuju ke Nijo Jinya.

#5: Nijo Jinya

(estimasi waktu wisata: 45-60 menit)

Jam operasional: tur dilakukan pukul 10.00, 11.00, 14.00, 15.00. Tutup pada hari Rabu (kecuali jika Rabu merupakan hari libur nasional) dan pada periode liburan tahun baru (29 Desember – 3 Januari)
Biaya: 1000 yen*

Nijo Jinya ini pastinya akan membuat anak-anak -khususnya pecinta ninja- menjerit kesenangan. Itu karena tempat ini dulunya merupakan sebuah penginapan yang kerap digunakan oleh para daimyo.

Demi melindungi keselamatan para tamu, tempat ini dilindungi oleh banyak jalan rahasia, pintu keluar, pintu jebakan, dan pernak-pernik lainnya yang akan mengingatkan kalian pada sosok ninja. Sayangnya tur ini hanya diselenggarakan dalam bahasa Jepang, sehingga kalian disarankan datang ke tempat ini dengan membawa penerjemah sendiri.

Dari Nijo Jinya, jalan kaki 10 menit (800 meter) ke Stasiun Nijo. Lanjutkan dengan naik JR Sanin Main Line dan turun di Stasiun Kyoto. Namun kali ini pergilah ke Kyoto Tower yang terletak di depan Stasiun Kyoto.

#6: Kyoto Tower

(estimasi waktu wisata: 45 menit – 1 jam)

Jam operasional: 09.00-21.00 (penjualan tiket terakhir hingga pukul 20.40)
Biaya: 770 yen*

Kecuali jika anak-anak dalam rombongan wisata kalian takut pada ketinggian, rasanya anak kecil akan suka diajak untuk naik ke tempat tinggi dan melihat-lihat pemandangan sekitarnya.

Walau tingginya hanya 131 meter (dengan observation deck di ketinggian 100 meter), Kyoto Tower merupakan bangunan tertinggi di Kyoto, sehingga kalian dapat dengan puas melihat ke berbagai penjuru kota. Kyoto Tower ini akan menjadi penutup rangkaian wisata yang sempurna bagi wisata keluarga.

Kyoto Tower [foto : Michael Elleray/wikimedia]
Kyoto Tower [foto : Michael Elleray/wikimedia]
Semoga bermanfaat!

***

*Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username wikimedia.
*harga bisa berubah sewaktu-waktu

 

baca juga :

[Tips] Agar Liburan Keluarga Berjalan Seru

Seru-Seruan Bareng Keluarga Di Tokyo [Kategori Museum & Akuarium]

Traveling Bareng Orang Tua dan Kakek Nenek Itu Seru, Asal …….

Comments

comments