Hai Travelers, lama nggak menyapa semuanya. Kali ini, saya mau cerita tentang salah satu tempat yang saaaaangat romantis dan wow deh kerennya. Mungkin sebelumnya ada yang udah pernah bahas, tapi nggak apa-apa, kali ini saya mau bahas lebih detail sedikit ya.

Namanya Banpo Bridge. kok bridge? ya, jembatan Banpo yang ada di Korea Selatan. Sebenernya, nggak cuma di korea sih yang punya jembatan romantis, karena banyak juga jembatan yang identik dengan nuansa romantis.

Tapi yang ini beda. Beda banget deh. Banpo Bridge, tak asing lagi di kalangan pecinta korea, khususnya, dan di kalangan wisatawan. Jembatan ini adalah jembatang yang menguhubungkan dua ditrsik di korea selatan, yaitu ditsrik Seocho dan juga Yongsan.

Apa yang menarik? Pertama, jembatan ini dibangun di atas jembatan juga. Jadi, ada jembatan di bagian bawah yang dinamakan Jembatan Jamsu. Jembatan jamsu dan juga jembatan banpo ini membelah sungai Han yang ada di bagian bawahnya. Jadi, kebayang, kan, bagaimana ramainya lalu lintas di dua jembatan ini setiap harinya? Yang lebih menarik perhatian lainnya adalah, Banpo Bridge menjadi salah satu objek wisata must see jika anda berkunjung ke Seoul, Korea Selatan.

Di Banpo Bridge ini terdapat pertunjukkan air mancur yang sangat amat indah dan romantis. Air mancur yang disebut rainbow fountain ini adalah pusat daya tarik atau pesona Banpo Bridge. Air mancur berada di sisi kiri dan kanan banpo bridge dan memanjang sepannjang Banpo Bridge. Dinamakan rainbow karena air nya memang berwarna-warni seperti pelangi. Kebayang indahnya?

Kalau belum, Rainbow Fountain tersebut berasal dari teknologi canggih lampu-lampu LED yang dipasang di Banpo Bridge. Air mancur tersebut juga akan menari-nari beratraksi membius dan membuat kagum siapa pun yang melihatnya. Air mancur yang juga berasal dari air di sungai Han tersebut adalah hasil terobosan yang kreatif pemerintah Korea Selatan sejak tahun 2007.

Ya, ide tersebut muncul sejak tahun 2007 yang menginginkan ada sesuatu yang menarik dan spektakuler di sungai Han atau Han gang. Pemerintah pun akhirnya membuatkan rainbow fountain tersebut dengan memanfaatkan air sungai Han dan teknologi terkini dari lampu LED tersebut. Bukan hanya itu, ada hal lain yang bisa membuatnya terlihat lebih menarik lagi. Oleh karenanya, selama air mancur teresebut menari-menari, digunakanlah musik yang bisa mengiringi.

Ide tersebut pun berhasil diaplikasikan sekitar tahun 2008 dan lihatlah hasilnya. Rainbow fountain ini kini diburu para wisatawan yang datang ke Seoul. 10.000 LED dipasang di setiap sisi jembatan untuk mengeksekusi setiap  atraksi yang ingin ditunjukkan. Air yang keluar tersebut ditembakkan 190 ton per menit! Proyek pemerintah Korea Selatan ini pun menjadi proyek seperti ini yang pertama di dunia.

Nggak tanggung-tanggung juga, rainbow fountain di Banpo Bridge pun masuk ke dalam rekor dunia sebagai air mancur terpanjang di dunia oleh Guinness Book of Record. Kerennya lagi, air mancur ini salah satu wujud upaya pemerintah yang peduli lingkungan, yaitu upaya daur ulang air di sungai Han, dan lagi-lagi yang pertama dijadikan sebagai objek wisata.

Jika anda pernah menonton drama dari negeri gingseng ini, anda akan sering melihat rainbow fountain ini menjadi latar cerita drama tersebut. Atau, anda yang penggemar cewek-cewek cantik SNSD dan juga cowo-cowok ganteng di Super Junior, ada Music Video dari lagu SEOUL yang menggunakan latar Banpo Bridge dan juga rainbow fountain tersebut. Lagu SEOUL memang lagu yang diperuntukkan promosi pariwisata di SEOUL, Korea Selatan.

Nah, bagaimana jika anda ingin mengunjungi dan melihat secara langsung aksi rainbow fountain di Banpo Bridge ini? Ikuti terus tulisan saya.

 

How to Get there?

Bingung bagaimana anda harus sampai ke sini? Nah, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk sampai ke Banpo Bridge ini. Anda bisa menggunakan Subway atau menggunakan bus seperti biasa. Jika anda memilih untuk menggunakan bus, anda bisa naik bus dengan nomor 405 atau 8340 dan langsung turun di Banpo Hangang Park.

Tapi jika anda ingin menggunakan subway, anda bisa naik di Dongjak Station atau Seoul Subway Line 4 dan nantinya keluar melalui 1 atau 2. Lainnya, anda pun bisa naik di Express Bus Terminal. Pilih line 3, 7, atau 9. dan nantinya anda keluar melalui line 8-1. Setelah turun, anda bisa berjalan sekitar 400 meter menyusuri jalanan.

Ada yang mengatakan, untuk sampai ke Banpo Bridge ini memang lumayan jauh. Tapi, tentu anda akan puas terbayar saat menyaksikan atraksi air mancur pelangi di Banpo Bridge tersebut. Nantinya, anda juga akan melewati sebuah terowongan untuk sampai ke taman sungai Han.

 

Time to See the attraction

Untuk anda yang ingin menyaksikan pertunjukkan rainbow fountain ini tidak bisa disaksikan setiap waktunya. Ada waktu-waktu tertentu di mana anda bisa mengantisipasi dan merencanakan kapan akan melihat atraksi tersebut. Atraksi air mancur pelangi di Banpo Bridge ini juga ada di siang hari.

Tapi, ada baiknya jika anda datang di malam hari karena akan jauh lebih indah. Nah, berikut ini waktu pertunjukkan air mancur pelangi atau Rainbow Fountain di Banpo Bridge dari situs visitkorea.

Anda bisa mengunjungi Banpo Bridge untuk rainbow fountain pada bulan April hingga Oktober atau tepatnya selain musim dingin. Untuk hari biasa, jadwal pertunjukkannya ada pada pukul 12:00, 20:00, dan juga 21:00. Nah, jika anda datang di akhir pekan, jam atraksi ini akan ditambah.

Anda bisa menyaksikannya pada pukul 12:00, 17:00, 20:00, 20:30, 21:00, dan juga 21:30. Banyak kan? Ada juga pertunjukkan akhir pekan pada pukul 19:30 namun pada jam tersebut hanya khusus di Bulan Juli dan Agustus saja. Jadwal waktu atraksi rainbow fountain tersebut bisa berubah kapan saja. Anda bisa mengunjungi situs resminya namun dengan huruf hangul.

Pastikan anda akan datang pada jam-jam tersebut agar anda tidak menunggu lama. Jadi, anda bisa memperkirakan kapan anda harus sampai ke Banpo Bridge. Setiap atraksi akan dilakukan selama 15 menit.

Atraksi dimulai ketika lampu-lampu yang ada di sekitar mulai dimatikan dan musik mulai dimainkan. Saat itulah, air dari sisi-sisi Banpo Bridge akan menari-nari indah warna-warni dan tentunya sangat indah. Anda bisa menikmatinya dari tepi sungai han, di taman Hangang, atau dari jembatan jamsu yang ada di bawah Banpo Bridge.

Fasilitas

Banpo Bridge ini memang sebuah jembatan. Tapi jika anda datang dan menyusuri tepi sungai Han, ada beberapa fasilitas yang mungkin bisa anda gunakan. Untuk para penyandang cacat, jangan berkecil hati.

Di sini tersedia kursi roda  yang bisa anda sewa jika diperlukan. Selain itu, anda yang repot dengan bayi anda pun tak perlu khawatir karena bisa menggunakan stroller baby agar anda tidak terlalu lelah saat jalan-jalan. Untuk fasilitas ini, silakan hubungi pusat informasi.

Anda yang membawa kendaraan sendiri juga bisa memarkirkan kendaraan di lapangan parkir sungai han ini. Parkir dibuka setiap hari dari pagi hingga malam. Untuk Bulan April hingga Oktober saat rainbow fountain ini berlangsung, parkir dibuka daripukul 09:00 hingga 23:00. Namun untuk November hingga Maret, hanya dibuka dari pukul 09:00 hingga pukul 21:00.

Tarif parkirnya adalah 1000 won untuk 30 menit pertama. Untuk selanjutnya, akan dikenakan 200 won untuk setiap 10 menit. Tapi, agar menghemat bagi anda yang datang seharian, 24 jam 10.000 won setiap harina dan 50.000 won untuk setiap bulannya.

 

Tips Lainnya

Nah, jika sudah memutuskan untuk datang ke Banpo Bridge ini, anda bisa mempersiapkan beberapa hal, yaitu:

  1. Gunakan jaket

Angin di sekitar sungai Han ini cukup kencang, jadi persiapkan jaket yang hangat agar anda bisa menikmati pertunjukkan dengan nyaman.

  1. Siapkan kamera

Sayang jika anda tidak mengabadikan momen indah air mancur pelangi di Banpo Bridge ini. Maka itu, siapkan kamera anda dan cari angle terbaik yang bisa anda dapatkan.

  1. Perhatikan jadwal atraksi

Agar tidak menunggu lama, pastikan anda tiba di lokasi paling tidak 10 menit sebelum jadwal pertunjukkan air mancur tersebut. Nah, banyak yang mengatakan, menuju ke Banpo Bridge ini cukup sulit dan ribet.

Agar anda bisa tepat waktu, ambil saja peta yang ada di stasiun untuk bisa lebih mudah menjangkau lokasi ini. Selain itu, anda pun jangan ragu untuk bertanya pada penduduk sekitar. Tentunya akan lebih mudah menanyakan tempat yang terkenal seperti ini, bukan?

 

Soal akomodasi, di sekitar lokasi Banpo Bridge juga ada sejumlah hotel jika anda mau. Di sepanjang sungai han ini, anda bisa melakukan jogging atau sekedar berbincang dengan teman-teman anda atau orang sekitar. Selamat berkunjung^^

 

baca juga :

Yang Gratis-gratis di Seoul Korea Selatan

Kulineran Di Seoul, Makan Apa?

Seoul Shopping Guide: Belanja Dimana?

Comments

comments