fbpx
Home Guides Seoul Shopping Guide: Belanja Dimana?

Seoul Shopping Guide: Belanja Dimana?

Walau jarang meninggalkan jejak berupa komen, namun saya suka lho blogwalking ke blog section di Forum Jalan2 ini. Apalagi akhir-akhir ini blog-nya kelihatan makin aktif dan topiknya pun makin beragam. Selalu ada ilmu dan inspirasi baru setiap kali membaca blog milik Jalan2ers lain.

Terpikir untuk berbagi info seputar oleh-oleh khas Korea Selatan yang bisa dibeli di Seoul dan di berbagai kota lainnya. Namun kayaknya lebih mantap jika saya mulai dulu dengan sharing panduan wisata belanja di Seoul yah.

Soalnya, sekalipun ngakunya sebagai budget traveller, yang namanya wisatawan pasti nggak bisa lepas dari aktifitas belanja. Minimal belanja oleh-oleh deh. Tentunya dengan pengecualian jika wisatawan itu sama sekali nggak punya teman yang bisa diberikan oleh-oleh yah, hehe.

Oke, yang pertama saya mau sharing info tentang dimana tempatnya jika ingin mencari barang branded di Seoul. Bicara tentang kombinasi antara barang branded dan aktifitas shopping tentunya tak bisa lepas dari nama Myeong-dong, sebuah distrik yang dikenal sebagai surganya para shopaholic di Seoul sekaligus kiblatnya trend fashion ternama.

Myeong-dong memiliki ratusan toko yang menjual produk pakaian, aksesoris, kosmetik, dan banyak lagi. Itu belum termasuk dengan aneka butik ternama dan deretan department store kelas atas yang menggoda para shopaholic untuk mampir dan melihat-lihat. Pokoknya, jangan mengaku doyan belanja jika belum mampir ke Myeong-dong deh!

Myeongdong di malam hari [foto: Adrián Pérez/flickr]
Myeongdong di malam hari [foto: Adrián Pérez/flickr]
Distrik lain yang populer sebagai tempat belanja kelas atas adalah Gangnam, yang memiliki 2 surga belanja populer yaitu kawasan Apgujeong-dong dan Cheongdam-dong. Kedua kawasan tersebut memiliki banyak butik ternama dan department store, lengkap dengan salon kecantikan yang populer dikunjungi oleh selebriti setempat.

Butik Cartier dan Salvatore Ferragamo di Cheongdam-dong [foto: Michaela Den/wikimedia]
Butik Cartier dan Salvatore Ferragamo di Cheongdam-dong [foto: Michaela Den/wikimedia]
Selain Myeong-dong dan Gangnam, Jamsil juga dikenal sebagai surga belanja kelas atas karena memiliki pusat perbelanjaan mewah. Tak hanya itu, pusat perbelanjaan bawah tanahnya pun dirancang nyaman bagi turis asing dan menawarkan aneka koleksi fashion trendi dengan harga miring.

Lotter Department Store di Jamsil [foto: Seonjong Park/wikimedia]
Lotter Department Store di Jamsil [foto: Seonjong Park/wikimedia]

Kawasan belanja fashion populer lainnya adalah Munjeong-dong. Nama tersebut terasa asing? Bagaimana dengan Rodeo Street, pasti tahu kan? Rodeo Street yang dikenal sebagai kawasan dengan outlet fashion terbesar di Korea ini terletak di Munjeong-dong. Dan Rodeo Street nggak cuma terdiri dari outlet fashion saja lho.

Di kawasan ini juga terdapat aneka pusat perbelanjaan dan butik yang mengusung merk ternama. Tambahan info, Rodeo Street ini juga ada di Apgujeong. Tapi Munjeong-dong Rodeo Street dikenal sebagai outlet shopping center pertama di Korea, jadi jangan tertukar yah.

Alternatif lainnya, mampirlah ke Garosugil, sebuah kawasan belanja baru yang ada di Seoul. Karena baru, di tempat ini banyak toko yang fokus menjual trend fashion terkini. Kawasan ini juga memiliki kafe dan restoran yang seru punya.

Barang branded bukan selera teman-teman? Kira-kira ada nggak tempatnya untuk belanja produk fashion terkini dengan harga mahasiswa? Ada dong. Main saja ke area belanja populer untuk mahasiswa di Seoul, yaitu Hongdae dan Sinchon.

Area Hongdae (yang dekat dengan Hongik University) memiliki banyak toko yang menawarkan fashion unik. Setiap akhir pekan, di kawasan ini juga rutin diadakan pasar barang bekas yang menjual aneka harta karun tersembunyi. Sementara kawasan di dekat Ehwa Womans University punya banyak toko fashion untuk wanita, yang asyiknya, banyak menawarkan harga miring karena ketatnya persaingan antar toko.

Hongdae area [foto: Michaela Den/wikimedia]
Hongdae area [foto: Michaela Den/wikimedia]

Nah, bagi yang lebih suka berbelanja di pasar tradisional, Seoul memiliki beberapa pasar yang populer di kalangan wisatawan asing. Yang pertama dan yang paling utama tentunya adalah Dongdaemun Market.

Pasar ini disebut-sebut sebagai pusatnya tren fashion Korea yang sesungguhnya. Banyak fashion yang berasal dari Dongdaemun yang lalu disebarkan di distrik lain dengan harga berkali-kali lipat. Walau begitu, bukan berarti barang yang ada di Dongdaemun Market menjadi yang termurah di Seoul yah. Akan saya ulas lebih lengkap di bagian tips belanja.

Doota! di Dongdaemun Market [foto: Mullenkedheim/wikimedia]
Doota! di Dongdaemun Market [foto: Mullenkedheim/wikimedia]

Namdaemun Market menjadi pasar lain yang populer di kunjungi wisatawan. Pasar tradisional terbesar di Korea ni tak hanya menjual produk segar, namun juga berbagai produk tekstil, kerajinan tradisional, barang import, elektronik, aksesoris, dan banyak laagi. Kabarnya sih lebih dari 90% baju anak yang dijual di Korea didistribusikan di Namdaemun. Hmm, alasan bagus bagi para orang tua untuk mampir ke Namdaemun Market nih.

Namdaemun Market [foto: iGEL/wikimedia]
Namdaemun Market [foto: iGEL/wikimedia]

Trus dimana tempat terbaik kalau mau berburu oleh-oleh? Maka Insa-dong layak disebut pertama kali. Tempat ini memiliki banyak toko kerajinan tradisional yang utamanya terdapat di jalan sepanjang 700 meter. Itaewon juga menarik untuk dikunjungi.

Selain memiliki masjid terbesar di Seoul, kawasan ini merupakan merupakan kawasan multi kultur. Jadi banyak toko unik yang terdapat di Itaewon. Kawasan lainnya, Samcheong-dong, juga menawarkan banyak toko souvenir dan toko kerajinan. Yang suka mengoleksi barang antik, Samcheong-dong ini menarik untuk dikunjungi.

Insa-dong [foto: Mariosp/flickr]
Insa-dong [foto: Mariosp/flickr]

Nama-nama di atas hanyalah contoh beberapa kawasan yang populer sebagai distrik belanja. Sebetulnya jika secara spesifik menyebut nama tempat tujuan belanja, daftarnya bisa jauh lebih banyak lagi. Contohnya, Seoul memiliki banyak pusat perbelanjaan bawah tanah yang menawarkan banyak koleksi menarik dan terhubung langsung dengan stasiun subway.

Contohnya adalah Myeongdong Underground Shopping CenterSogong Underground Shopping Center, dan banyak lagi. Pusat perbelanjaan besar seperti COEX Mall dan Times Square, serta Ssamzie-gil dan Lotte Mart, juga populer lho di kalangan wisatawan asing. Intinya sih, shopaholic nggak perlu takut mati gaya karena banyak opsi tempat belanja yang bisa ditemukan di Seoul.

Ssamzie-gil [foto: Travelmate2021/flickr]
Ssamzie-gil [foto: Travelmate2021/flickr]

***

* Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

 

baca juga :

Main Ke Dae Jang Geum Theme Park Yuk!

Never Lost In Seoul: Subway Guide

Yang Gratis-gratis di Seoul Korea Selatan

Comments

comments