via jichangwookkitchen.files.wordpress.com
via jichangwookkitchen.files.wordpress.com

Udah kenalan dengan distrik Gangnam kan? Kalau belum, monggo mampir dulu ke sini. Di link tersebut saya sudah memberi gambaran global tentang distrik elit yang popularitasnya melonjak tajam gara-gara lagu Gangnam Style-nya Psy, termasuk beberapa spot menarik untuk dikunjungi.

Tadinya saya ingin merekomendasikan beberapa usulan itinerary di Gangnam. Namun setelah dipikir-pikir, sebelum mulai dengan rute wisata, sepertinya lebih mantap jika saya mulai dengan hal yang paling mendasar, yaitu informasi tentang pusat informasi turis di Gangnam.

Tak bisa dipungkiri, meledaknya popularitas lagu Gangnam Style membuat perhatian dunia tertuju pada distrik Gangnam. Jumlah wisatawan pun meningkat drastis, sehingga Gangnam pun terus berbenah untuk menjadi kota yang ramah bagi wisatawan asing.

Tak ingin mengecewakan wisatawan yang ingin berkunjung ke Gangnam, pada bulan Juni 2013, tepatnya pada tanggal 26, diresmikanlah Gangnam Tourist Information Center atau cukup disebut dengan Gangnam TIC. Bangunan 2 lantai dengan luas total 820 meter persegi ini menyediakan berbagai informasi yang pastinya diperlukan para turisJadi, para calon wisatawan ke Gangnam, yuk mari kenali lebih lanjut Gangnam TIC ini.

Sebagai pusat informasi turis, Gangnam TIC ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan aneka tempat wisata di Gangnam. Lokasinya berada tepat di pusat Gangnam dan mudah di akses dari mana saja.

Bagian yang paling menarik, jika pusat informasi lainnya sebatas menawarkan pamflet wisata, maka Gangnam TIC ini sama sekali berbeda dengan tipikal pusat informasi turis lainnya. Terdapat beberapa zona yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan wisatawan akan informasi wisata, hingga informasi budaya pop yang sedang trend di Gangnam dan Korea Selatan. Secara garis besar, zona-zona tersebut antara lain:

Zona 1: All-in-one Tourist Information Center (lokasi di lantai 1)

Zona ini menyediakan berbagai informasi wisata di Gangnam yang pastinya dibutuhkan oleh wisatawan, dan semua bisa didapat hanya dari satu area saja. Beberapa hal yang bisa ditemukan disini antara lain:

  • Tourist Information Desk, yang menawarkan aneka informasi obyek wisata favorit di Seoul dan Gangnam, serta informasi aneka tempat makan, event, akomodasi, hingga transportasi. Semua info tersebut tersedia dalam bahasa Inggris, Cina, dan Jepang.
  • Travel Agency, merupakan perwakilan agen wisata yang dapat menawarkan berbagai paket tur hingga diskon khusus untuk wisatawan asing.
  • Service Desk. Perlu info tentang reservasi atau loker koin? Atau tertarik membeli bermacam tiket seperti tiket Gangnam City Tour Bus dan transit cards? Disinilah tempatnya.
  • Currency Exchange Booth & Global ATM, tempatnya penukaran mata uang asing.
  • Lounge, menyediakan area untuk santai sejenak sambil makan dan minum.
  • Internet Lounge, tempatnya mengakses internet (Wi-Fi) berkecepatan tinggi secara cuma-cuma.

Zona 2: Medical Tourist Information Center (lantai 2)

Sudah tahu kan jika Korea Selatan tenar akan fasilitas kesehatan (termasuk fasilitas kecantikan)? Nah, di zona ini wisatawan bisa berkonsultasi dan mencari informasi aneka fasilitas medis terbaik di Gangnam (sekaligus yang terbaik di Seoul). Secara garis besar, layanan yang ditawarkan di zona ini antara lain:

  • Layanan tur medis dalam bahasa Inggris, Cina, Jepang, dan Rusia.
  • Memperkenalkan berbagai rumah sakit dengan spesifikasi khusus maupun yang menyediakan layanan khusus di Gangnam.
  • Pengenalan terhadap program layanan medis khusus Gangnam.
  • Layanan rujukan medis.
  • Rujukan berbagai fasilitas lain yang berkaitan dengan kecantikan dan kesehatan, mulai dari hotel hingga studio khusus.

Zona 3: Hallyu Experience Zone (lantai 2)

Zona ini akan memanjakan penggemar Korean Wave seperti K-Pop dan K-culture. Terdapat berbagai display dan eksibisi, termasuk aneka aksesoris yang diambil maupun direproduksi dari berbagai drama Korea populer.

Mau tahu info trend K-Pop dan K-Drama terbaru? Disinilah tempatnya. Di zona ini juga ada beauty tips dari para bintang Korea, toko merchandise, dan banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fasilitas yang bisa ditemukan di zona ini:

  • Digital Hallyu Experience Zone, menampilkan aneka display bintang Hallyu populer dengan menggunakan konsep teknologi tinggi. Yang paling menonjol di area ini adalah tampilan layar lebar yang menyajikan pertunjukan bintang-bintang K-Pop.
  • Touch Star Zone, merupakan spot yang menampilkan berbagai video bintang K-Pop, termasuk aneka pertunjukan yang belum dirilis. Kenapa disebut Touch Star Zone? Karena zona ini dilengkapi dengan tablet touchscreen, dan pengunjung bisa memilih aneka video yang diinginkan hanya menggunakan sentuhan.
  • Digital Scope Vision, merupakan zona yang memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk berfoto dengan bintang K-Pop pilihan. Mantap kan sebagai oleh-oleh dari Gangnam?
  • Exhibition for Hallyu Star Cherished Goods, merupakan zona eksibisi permanen yang menampilkan aneka kostum dan memorabilia dari bintang-bintang K-Pop.
  • Hallyu Star Experience Zone, zona yang memberi kesempatan pada wisatawan untuk berfantasi menjadi bintang K-Pop dengan mencoba kostum dan make up ala K-Pop sambil bergaya di atas set panggung video musik.
  • Toko Souvenir/K-Pop CD, tempatnya membeli bermacam merchandise ekslusif bintang Hallyu.
  • Korean-Drama Sets, merupakan area lounge yang dirancang menyerupai set dalam drama Korea.

Lengkap kan? Jadi tak salah jika sebaiknya mengenal dulu tentang Gangnam Tourist Information Center sebelum berkunjung kemari.

Untuk detail teknis Gangnam TIC, berikut point-pointnya:

Alamat: 161, Apgujeong-ro, Gangnam-gu, Seoul
Telp: +82-2-3445-0111 (Korea, Inggris, Jepang, Cina)
Jam operasional: 10.00-19.00, buka setiap hari kecuali saat Seoul (Lunar New Year’s Day) dan Chuseok (Korean Thanksgiving Day)
Akses: dari Stasiun Apgujeong (via Subway Line 3), keluar di Exit 6. Jalan lurus ±150 meter (2 menit).

Namun jika Anda tak sempat berkunjung ke Gangnam TIC, tak perlu cemas. Tetap bisa menghubungi Travel Information Hotline dengan menelepon ke +82-2-1330 (bahasa Korea, Inggris, Jepang, Cina). Sedangkan jika perlu jasa penerjemah, bisa menghubungi Dasan Call Center di nomor 120.

 

baca juga :

Gangnam City Tour Bus, Cara Asyik Wisata Di Gangnam

Mengenal Guryong, Cerita Lain Dari Distrik Gangnam Di Seoul

Visit Seoul, The Soul Of Asia

Comments

comments