fbpx
Home Guides Serba-Serbi Onsen Jepang (2): Onsen-Onsen Populer Di Kanto

Serba-Serbi Onsen Jepang (2): Onsen-Onsen Populer Di Kanto

Setelah mengenal apa itu onsen dan juga etika dasar yang berlaku saat menggunakan onsen (bisa baca disini: Serba-serbi Onsen Jepang (1): Informasi Dasar), maka pertanyaan selanjutnya adalah: fasilitas apa saja yang bisa ditemukan di onsen, dan onsen itu ada dimana saja sih? Saya akan mulai dari fasilitas dulu yah.

Seputar fasilitas

Untuk fasilitas, tiap onsen bisa sangat berbeda satu sama lain, tergantung besaran onsen tersebut, konsep, harga, dan lain sebagainya. Ada onsen yang hanya menawarkan fasilitas tempat berendam dan ruang istirahat standar (yang bisa digunakan untuk beristirahat setelah selesai berendam), ada juga onsen yang dikelola dengan konsep theme park dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas tambahan seperti spa, tempat fitness, taman, dan banyak lagi.

Ada juga onsen yang menjadi bagian dari ryokan (penginapan tradisional Jepang) maupun hotel dan fasilitas tambahan yang bisa ditemukan adalah fasilitas dalam ryokan/hotel tersebut.

Tentu saja, semakin lengkap fasilitas sebuah onsen, maupun semakin lengkap fasilitas sebuah ryokan/hotel (jika onsen tersebut menjadi bagian dari ryokan/hotel), biasanya harga onsen-nya berbanding lurus dengan kelengkapan fasilitasnya; kecuali jika onsen tersebut memisahkan antara harga onsen dengan harga fasilitas tambahan tersebut.

Contoh onsen dengan fasilitas tambahan yang menarik (mulai dari ruang istirahat yang luas hingga aneka spa unik), dan bahkan dirancang dengan tema khusus, adalah Oedo Onsen Monogatari, yang dirancang dengan konsep Edo tempo doeloe.

Suasana di Oedo Onsen Monogatari [foto: Jpatokal/wikimedia]
Suasana di Oedo Onsen Monogatari [foto: Jpatokal/wikimedia]

Saat masuk ke onsen, pengunjung biasanya membawa sendiri peralatan mandinya, khususnya untuk onsen kelas bawah-menengah. Jika tidak bawa, biasanya pengunjung bisa membeli di onsen dengan kisaran harga 300-500 yen.

Untuk onsen kelas atas, biasanya peralatan seperti handuk hingga sabun sudah termasuk dalam harga tiket (jadi jangan heran jika harga tiket onsen kelas atas selisihnya cukup jauh dari onsen tipe lainnya).

Trus berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati onsen? Untuk masalah harga, bisa sangat berbeda antara satu onsen dengan lainnya, karena semua juga tergantung pada sistem yang berlaku di onsen tersebut.

Onsen yang menjadi bagian dari ryokan biasanya bisa dinikmati secara cuma-cuma oleh tamu ryokan dalam durasi waktu yang tak terbatas, walau ada juga ryokan yang membuka onsennya untuk publik dengan harga seperti onsen biasa. Sedangkan untuk onsen lainnya, yang bisa dikunjungi oleh siapa saja tanpa harus menginap, wisatawan harus membeli tiket sebelum masuk dalam onsen (atau bisa juga di charge saat akan keluar).

Harganya bisa berbeda tergantung shift-nya (karena ada onsen yang membedakan harga tiket berdasarkan durasi jam tertentu) maupun tergantung jam kedatangan ke onsen tersebut. Biasanya, wisatawan akan mendapat harga yang lebih murah jika datang menjelang waktu tutup onsen.

Dimana bisa menemukan onsen?

Negara Jepang merupakan salah satu negara dengan jumlah gunung berapi yang cukup banyak dan tersebar di berbagai prefektur. Jadi jangan heran jika onsen mudah ditemukan di berbagai penjuru Jepang. Ada onsen yang letaknya di pegunungan, di tepi laut, berkumpul membentuk sebuah resor onsen, menjadi fasilitas ryokan/hotel, dan ada juga onsen yang letaknya berada di tengah kota.

Maruo Onsen di Kirishima Onsen, sebuah resor onsen di Jepang [foto: 663highland/wikimedia]
Maruo Onsen di Kirishima Onsen, sebuah resor onsen di Jepang [foto: 663highland/wikimedia]

Mengingat Tokyo masih menjadi kota tujuan wisata utama di Jepang, saya akan mulai dengan mendata onsen yang paling mudah di akses dari Tokyo terlebih dahulu. Tapi, karena jumlah onsen di Jepang itu buanyak buanget, supaya tulisan ini nggak jadi setebal naskah skripsi, hanya onsen-onsen menarik saja yang akan saya tulis disini.

Kategori menarik tersebut tolak ukurnya beragam, baik jika dilihat dari popularitas onsen tersebut, kemudahan aksesnya, masalah fasilitasnya, maupun memiliki konsep yang menarik. Saya mulai dengan onsen yang ada di wilayah Kanto (wilayah tempat Tokyo berada):

Prefektur Gunma

  • Oigami Onsen

Akses dari Tokyo: naik shinkansen Tanigawa menuju Jomo-kogen, dilanjutkan dengan naik bus 70 menit

Keterangan: Resort onsen ini berjarak 160 km dari Tokyo. Tempatnya tenang, memiliki beberapa onsen yang menarik, dan punya pemandangan alam yang indah khususnya di musim gugur. Resort onsen ini termasuk kurang ramai dikunjungi oleh wisatawan, padahal suasananya sangat menarik lho. Jadi bagi yang ingin berendam sambil mencari ketenangan tanpa harus terlalu jauh pergi dari Tokyo, bisa mampir ke onsen ini.

Suasana musim gugur di Oigami Onsen [foto: via wikimedia]
Suasana musim gugur di Oigami Onsen [foto: via wikimedia]
Salah satu onsen populer yang di Oigami Onsen:

Nama onsenGorokaku Onsen
Lokasi onsen:
 bagian dari ryokan
Alamat: Gunma ken Tone-gun Tone-mura Oigami 602
Harga tiket: 1000 yen*
Jam operasional: 12.00-20.00
Jenis air: simple thermal, dengan suhu kolam utama 58°C dan pH=8,8
Fitur menarik: memiliki kolam outdoor, bisa dikunjungi oleh non-tamu ryokan, pemandangan indah khususnya di musim gugur.

Gorokaku Onsen [foto: via travel.rakuten.co.jp]
Gorokaku Onsen [foto: via travel.rakuten.co.jp]
  • Takaragawa Onsen

Nama onsen: Takaragawa <google maps>
Lokasi onsen: bagian dari ryokan
Alamat: 379-1721 Gunma Tone-gun Minakami-machi Hujiwara 1899, telp/fax: 0278-75-2611/0278-75-2038
Akses dari Tokyo:
dari Stasiun Tokyo, naik JR Joetsu Shinkansen ke Stasiun Takasaki. Dari sana, naik JR Joetsu-Line, turun di Stasiun Minakami. Dari stasiun Minakami, naik courtesy bus (1x/hari setiap pukul 15.00) atau naik bus biasa ke Takaragawa Onsen. Waktu tempuh kira-kira 140 menit, dan jarak tempuh 160 km dari Tokyo.
Harga tiket: 1500 yen*
Jam operasional: 09.00-17.00
Jenis air: Simple thermal dengan suhu kolam utama 39°C, dengan khasiat air untuk menyembuhkan kelelahan, sakit otot, rematik, kedinginan, penyakit syaraf, dan lain-lain.
Fitur menarik:
memiliki kolam outdoor terbesar di Jepang, memiliki lebih dari 1 kolam yang berukuran super besar, punya kolam pemandian campur antara pria dan wanita, pemandangan super indah karena lokasinya yang berada tepat di tepi sungai. Paling indah dikunjungi saat musim gugur dan musim dingin, karena wisatawan bisa menikmati salju sambil berendam air panas, namun agak ramai oleh wisatawan saat musim liburan. Tambahan informasi, sepertinya di onsen ini wisatawan diijinkan untuk berendam dengan mengenakan handuk sepinggang (untuk pria) dan sedada (untuk wanita).

Takaragawa onsen [foto: nobiinue/wikimedia]
Takaragawa onsen [foto: nobiinue/wikimedia]
Takaragawa onsen di musim dingin [foto: Noriko puffy/flickr]
Takaragawa onsen di musim dingin [foto: Noriko puffy/flickr]
Daftar onsen lainnya menyusul yah.

***

Serba-Serbi Onsen Jepang (1): Informasi Dasar

Serba-Serbi Onsen Jepang (3): Onsen-Onsen Populer Di Kanto

Serba-Serbi Onsen Jepang (4-End): Onsen-Onsen Populer Di Jepang

***

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu.
**Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

Comments

comments