Wow, ternyata tulisan onsen ini lebih panjang dari yang saya rencanakan. Tadinya saya hanya bermaksud memberi sekilas info saja tentang daftar-daftar onsen yang menarik. Namun karena ternyata masing-masing onsen punya daya tarik tersendiri, jadi deh keterusan untuk mengulas beberapa onsen yang mudah di akses dari Tokyo.

Oke, mudah-mudahan ini jadi bagian terakhir daftar onsen yang ada di wilayah Kanto. Supaya lebih mudah diikuti, silahkan baca dulu Serba-serbi Onsen di Jepang (1): Informasi Dasar,Serba-serbi Onsen di Jepang (2): Onsen-onsen Populer di Kanto, dan Serba-serbi Onsen di Jepang (3): Onsen-onsen Populer di Kanto. Berikut ini masih daftar onsen lainnya yang layak dikunjungi saat berwisata ke Tokyo. Namun agar tak terlalu panjang, onsen-onsen berikut ini hanya saya infokan saja sekilas lalu saja ya.

Masih di Prefektur Tochigi, tepatnya di kota Nikko, ada Yumoto Onsen. Tempat ini merupakan sebuah resor onsen kecil yang menarik, terletak di dekat Danau Yunoko, dan memiliki banyak ryokan dan pemandian air panas. Jaraknya hanya 125 kilometer dari Tokyo sehingga dapat dikunjungi pulang pergi. Di sekitar resor ini banyak terdapat tempat wisata yang menarik, terutama karena onsen ini berada di Nikko yang populer sebagai kota tujuan wisata.

Nikko Yumoto Onsen di tengah musim dingin [foto: Daderot/wikimedia]
Nikko Yumoto Onsen di tengah musim dingin [foto: Daderot/wikimedia]

Masih ada lagi onsen populer di kota Nikko, yaitu Chuzenjiko OnsenKinugawa Onsen yang terletak di Prefektur Tochigi juga menarik untuk dilirik terutama karena disana terdapat beberapa onsen populer seperti Okukinu Onsen dan Yushinagawa Onsen.

Dan jangan lupakan juga Oedo Onsen Monogatari yang berada di Tokyo, serta onsen-onsen di Hakone (baca disini: Mulai dari Onsen Kecantikan hingga Diet), semuanya menarik untuk dikunjungi. Namun saya nggak ingin lama-lama membahas tentang onsen-onsen di Kanto, karena saya ingin merambah ke wilayah lainnya juga.

Kinugawa Onsen [foto: via wikimedia]
Kinugawa Onsen [foto: via wikimedia]
Onsen selanjutnya yang akan saya sebutkan berikut ini hanyalah onsen-onsen yang memiliki reputasi tingkat nasional, yang akan saya mulai dari Jinata Onsen di Shikine-jima, Izu. Onsen ini memiliki pemandangan yang dramatis karena hanya berjarak beberapa langkah dari laut. Bagian paling dramatis adalah posisinya yang berada di tengah bebatuan. Adapun tipe air panasnya adalah sulfur dengan suhu bisa mencapai 80°C.

Jinata Onsen [foto: Douglas P Perkins/wikimedia]
Jinata Onsen [foto: Douglas P Perkins/wikimedia]
Jika tertarik untuk mencoba rotemburo (onsen outdoor), sekalian saja pergilah ke Takamagahara Onsen. Onsen ini terletak di jajaran pegunungan Alpen Jepang, dan disebut-sebut sebagai rotemburo tertinggi di Jepang.

Takamagahara Onsen [foto: via tripadvisor.com]
Takamagahara Onsen [foto: via tripadvisor.com]

Bicara tentang onsen tentunya tak boleh melupakan Kinosaki Onsen. Resort onsen yang terletak di wilayah Kansai tersebut seringkali disebut sebagai resor onsen terbaik di Jepang. Tempat ini memiliki banyak ryokan, pemandian air panas alami, dan suasana yang sangat cocok dengan kata “yukata” (kimono ringan ala Jepang) dan “geta” (sandal kayu Jepang), yang berarti suasananya klasik banget. Pokoknya, jika kalian ingin merasakan pengalaman beronsen yang lengkap, berkunjunglah ke Kinosaki Onsen.

Suasana di Kinosaki Onsen [foto: 663highland/wikimedia]
Suasana di Kinosaki Onsen [foto: 663highland/wikimedia]

Biasanya, onsen terletak di gunung maupun di area pegunungan. Untuk beberapa kasus, onsen juga bisa ditemukan di kota seperti Oedo Onsen Monogatari. Namun jika teman-teman menginginkan wisata onsen sambil bersantai di pantai, Shirahama Onsen menjadi salah satu pilihan terbaik.

Resort onsen ini terletak di prefektur Wakayama, Kansai. Bagian terbaiknya, resort onsen ini tak hanya memiliki onsen, namun juga pantai berpasir putih yang indah. Resort onsen ini juga memiliki beberapa pemandian air panas gratis, mulai dari pemandian air panas untuk kaki hingga pemandian di tepi pantai.

Pantai di Shirahama [foto: 663highland/wikimedia]
Pantai di Shirahama [foto: 663highland/wikimedia]
Salah satu onsen di Shirahama [foto: Prue Simmons/wikimedia]
Salah satu onsen di Shirahama [foto: Prue Simmons/wikimedia]
Jika teman-teman menginginkan sensasi berendam lainnya, kalian dapat pergi ke Takegawara Onsen yang terdapat di Beppu, Kyushu. Tempat yang telah dibuka sejak tahun 1859 ini tak hanya memiliki air panas alami, namun juga pemandian pasir hangat. Wisatawan dapat menimbun dirinya di pasir hangat hingga ke bagian leher, dan jika dirasa cukup, dapat lanjut berendam di onsen.

Takigawara Onsen [foto: via wikimedia]
Takigawara Onsen [foto: via wikimedia]

Urami ga taki Onsen yang terdapat di Hachiko, Tokyo (sebetulnya terletak di kepulauan Izu yang berjarak 290 kilometer di selatan Tokyo) juga disebut-sebut sebagai salah satu onsen terbaik di Jepang. Onsen ini terbilang sederhana, berupa kolam outdoor yang dapat dinikmati oleh siapa saja secara gratis.

Namun terkadang sederhana itu luar biasa. Kesederhanaan onsen ini, yang berada di tengah lingkungan pedesaan dengan suasana yang sangat alami, digadang-gadang mirip dengan spa di Bali lho! Mungkin itulah yang membuat onsen ini populer ya? Berikut penampakannya:

Urami ga taki Onsen [foto: Soica2001/wikimedia]
Urami ga taki Onsen [foto: Soica2001/wikimedia]
Kurokawa Onsen juga termasuk salah satu resort onsen yang cocok dengan “yukata” dan “geta”. Resort onsen ini terletak di daerah Kyushu, tepatnya 20 kilometer dari Gunung Aso. Kurokawa Onsen sudah sangat dikena sebagai salah satu resort onsen terbaik di Jepang baik dari segi suasana, khasiat air, fasilitas, suasana kolam outdoor yang luar biasa, dan lain-lain.

Kurokawa Onsen [foto: Hiroooooki/wikimedia]
Kurokawa Onsen [foto: Hiroooooki/wikimedia]
Jika Hokaido menjadi pilihan wisata selama berada di Jepang, di pulau tersebut juga ada onsen populer lho. Berkunjunglah ke Noboribetsu Onsen. Onsen ini disebut-sebut sebagai onsen terbaik di Hokaido baik dari segi kemudahan akses, sejarah, dan juga kualitas airnya yang mengandung sulfur dan hidrogen Sulfida yang dipercaya akan membuat kulit bercahaya.

Noboribetsu Onsen di malam hari [foto: 663highland/wikimedia]
Noboribetsu Onsen di malam hari [foto: 663highland/wikimedia]
Kurang lebih demikianlah daftar onsen yang bisa saya bahas. Sebetulnya jumlah onsen di Jepang jauh lebih banyak dari yang sudah saya sebut dalam beberapa tulisan terakhir. Tapi mudah-mudahan ini cukup memberikan gambaran onsen mana saja yang menarik untuk dikunjungi selama berwisata ke Jepang yah. Semoga bermanfaat!

***

Serba-Serbi Onsen Jepang (1): Informasi Dasar

Serba-Serbi Onsen Jepang (2): Onsen-Onsen Populer Di Kanto

Serba-Serbi Onsen Jepang (3): Onsen-Onsen Populer Di Kanto

***

*Foto-foto (kecuali yang memiliki sumber sendiri) diambil dari creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

Comments

comments