fbpx
Home Guides Sewa Apartemen Maupun Rumah Saat Wisata Ke Jepang, Kenapa Tidak?

Sewa Apartemen Maupun Rumah Saat Wisata Ke Jepang, Kenapa Tidak?

Biasanya, akomodasi yang lazim dipilih oleh wisatawan saat berwisata ke Jepang adalah hotel dan ryokan (penginapan tradisional khas Jepang). Pilihan selanjutnya biasanya nggak jauh-jauh dari penginapan unik seperti hotel kapsul, hostel, atau mungkin love hotel. Namun jika kalian datang bersama dengan teman maupun keluarga, pertimbangkan untuk mencoba satu jenis akomodasi lainnya: menyewa apartemen atau rumah.

 

Mengenal sistem sewa apartemen atau rumah tinggal

Sewa apartemen maupun rumah tinggal adalah kegiatan menyewa apartemen maupun rumah tinggal yang memang sengaja disewakan untuk turis. Sistem sewa ini biasanya bersifat temporer (bukan seperti sistem kontrak rumah dengan durasi waktu hingga tahunan), dengan durasi masa tinggal bervariasi mulai dari harian hingga mingguan.

Adapun jenis huniannya sendiri sangat beragam, mulai dari rumah tinggal biasa, apartemen, bahkan ada juga yang berupa rumah jaman dulu yang usianya sudah ratusan tahun.

Salah satu machiya (rumah pedagang) kuno yang disewakan di Kyoto, via homeaway
Salah satu machiya (rumah pedagang) kuno yang disewakan di Kyoto, via homeaway

Sisi positif menyewa apartemen ataupun rumah tinggal

Ada beberapa keuntungan jika kalian menyewa apartemen maupun rumah tinggal selama berada di Jepang. Yang pertama adalah masalah kapasitas ruang. Jika kamar hotel biasanya hanya muat 1-2 orang, terkadang 3-4 orang dengan extra bed, maka kalian akan mendapat space yang lebih luas dengan menyewa apartemen maupun rumah.

Untuk apartemen, kapasitasnya biasanya antara 2-4 orang, sementara untuk rumah tinggal bisa lebih banyak lagi. Dengan kata lain, menyewa apartemen maupun rumah akan memberikan lebih banyak keleluasaan dari segi kapasitas penghuni.

Bagi mereka yang berwisata bersama keluarga, rumah sewa bisa jadi lebih fleksibel dari hotel karena kalian tidak harus terpaku dengan batas usia tamu minimum. Bagi yang belum tahu, beberapa hotel di Jepang melarang bayi dan anak-anak untuk menginap di hotel mereka lho.

Contoh ruangan berkapasitas 4 orang dalam sebuah rumah sewa, via homeaway
Contoh ruangan berkapasitas 4 orang dalam sebuah rumah sewa, via homeaway

Keuntungan lainnya adalah dari segi fasilitas. Biasanya, sebuah apartemen sewa maupun rumah sewa telah dilengkapi dengan perlengkapan standar rumah tangga. Selain kasur untuk tidur, juga telah ada sofa untuk duduk, meja, perlengkapan makan seperti piring dan gelas, perlengkapan memasak seperti panci dan teman-temannya (tentatif), hingga mesin cuci.

Kalian dapat menghemat biaya laundry jika mencuci sendiri, dan menghemat biaya makan jika memasak sendiri makanan kalian. Beberapa apartemen sewa maupun rumah sewa kadang melengkapi fasilitasnya hingga setara hotel, misalnya saja dengan mensuplai peralatan mandi seperti sabun dan sampo, hingga handuk. Kadang ada juga yang meminjamkan sepedanya secara cuma-cuma dan menyediakan fasilitas internet.

Fasilitas dalam sebuah apartemen sewa di Tokyo, via homeaway
Fasilitas dalam sebuah apartemen sewa di Tokyo, via homeaway

Ada lagi keuntungan lainnya dari menyewa apartemen maupun rumah, khususnya jika menyewa rumah tinggal. Kalian akan memiliki kesempatan lebih banyak untuk berinteraksi dengan penduduk lokal karena mau tak mau kalian harus melakukan berbagai hal yang harus dilakukan oleh penduduk setempat. Detailnya bisa dilihat di bagian sisi negatif dari menyewa apartemen atau rumah.

 

Sisi negatif dari menyewa apartemen maupun rumah sewa

Jika selama di hotel kalian dilayani layaknya seorang tamu, maka sisi inilah yang nggak akan kalian temukan saat menyewa apartemen maupun rumah. Kalian bahkan harus membersihkan sendiri apartemen maupun rumah yang kalian sewa, termasuk mengurus masalah pembuangan sampah (note: di Jepang ada jadwal khusus untuk membuang sampah dan semua orang wajib menaati itu).

Kalian pun harus mengurus sendiri masalah belanja bahan makanan dan memasaknya, kecuali jika kalian berniat untuk selalu makan diluar rumah 3x dalam sehari. Dan tentu saja kalian harus merapikan sendiri properti yang disewa. Intinya, jangan berharap akan dilayani jika menyewa apartemen maupun rumah tinggal.

Jepang memiliki jadwal pembuangan sampah yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Penghuni apartemen maupun rumah sewa wajib mengikuti jadwal tersebut, via youtube
Jepang memiliki jadwal pembuangan sampah yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Penghuni apartemen maupun rumah sewa wajib mengikuti jadwal tersebut, via youtube

Apartemen maupun rumah sewa umumnya memiliki masa sewa yang kurang fleksibel. Biasanya ada durasi waktu sewa minimal, dimulai dari 3 hari hingga mingguan, sehingga apartemen maupun rumah sewa ini mungkin kurang cocok bagi kalian yang berpindah kota dalam waktu singkat.

Jika beruntung, kalian mungkin saja dapat menemukan apartemen/rumah yang disewakan secara harian, walau itu nggak berarti kalian akan menemukan rate yang lebih ekonomis dibanding menginap di hostel maupun hotel.

 

Berapa range harga sewa apartemen atau rumah?

Kadang ada anggapan jika menyewa apartemen atau rumah bisa lebih murah dibanding tinggal di hotel. Pada kenyataannya, pendapat itu nggak selalu benar. Harga apartemen maupun rumah sewa bisa mulai dari 10000 yen* hingga puluhan ribu yen* per-malam, dan itu berarti sewa apartemen atau rumah jauh lebih mahal dibanding menginap di hostel maupun hotel kapsul.

Namun jika mempertimbangkan faktor kapasitas maupun keleluasaan menginap, plus potensi penghematan biaya makan dan laundri, mungkin saja menginap di apartemen sewa atau rumah jauh lebih ekonomis bagi beberapa orang.

Suasana di sebuah apartemen sewa di Ueno, via homeaway
Suasana di sebuah apartemen sewa di Ueno, via homeaway

Dimana bisa menemukan apartemen maupun rumah yang disewakan?

Apartemen maupun rumah yang disewakan bisa ditemukan di berbagai kota di Jepang. Biasanya apartemen maupun rumah sewa ini dimiliki dan dikelola oleh pribadi. Untuk kota-kota besar dan populer untuk turis seperti Tokyo, Osaka, dan Kyoto, kadang apartemen maupun rumah sewa ini dikelola oleh perusahaan besar yang juga memiliki properti di berbagai kota.

Seorang manajer properti berdiri di depan propertinya yang disewakan, via homeaway
Seorang manajer properti berdiri di depan propertinya yang disewakan, via homeaway

Ada beberapa cara untuk menemukan apartemen maupun rumah sewa. Pertama, dengan meng-googling dan memasukkan keyword seperti “vacation rental in japan”, “rentals apartment in Japan”, dan sejenisnya. Setelah keluar hasilnya, kalian tinggal memilih properti mana yang paling cocok untuk kebutuhan maupun budget.

Cara kedua adalah dengan mencarinya di berbagai situs booking hotel. Beberapa situs booking internasional seperti Booking dan Agoda telah memasukkan apartemen sewa ke dalam daftarnya, walau jumlahnya belum terlalu banyak. Untuk daftar lebih lengkap, kalian bisa mencoba situs Airbnb.

Berikut ini beberapa link yang mungkin bermanfaat bagi kalian yang tertarik menyewa apartemen maupun rumah tinggal selama berada di Jepang:

Airbnb < klik >
HomeAway < klik >
Japan-experience < klik > merupakan situs sewa apartemen dan rumah di Tokyo dan Kyoto.
Live In Asia < klik > merupakan situs sewa apartemen di Tokyo.
Inside Kyoto < klik > memberikan daftar rekomendasi properti yang disewakan di Kyoto.

Semoga bermanfaat!

 

* Harga sewaktu-waktu dapat berubah.

Comments

comments