fbpx
Home Guides Spring In Korea: Kalender Festival Di Bulan April

Spring In Korea: Kalender Festival Di Bulan April

Nggak usah pake iklan panjang lebar, ya.. Tulisan ini sambungan dari kalender festival musim semi di bulan Maret. Berikut daftar aneka festival bulan April di Korea Selatan.

Note:

Ada beberapa event tahunan yang biasanya diselenggarakan di bulan April, namun karena satu dan lain hal pelaksanaannya (untuk tahun 2014 ini) digeser ke bulan Juni (yang berarti sudah masuk musim panas).

2 – 6 April 2014
  • Nonsan Strawberry Festival

Lokasi: Nonsan Stream and Strawberry Field
Alamat: 319-10, Daegyo-dong, Nonsan-si, Chungcheongnam-do
Akses: Dari Seoul Central City Terminal, naik bus ke Nonsan (±2 jam). Dari Nonsan Bus Terminal, seberangi jalan dan naik bus no 515, 516, 601, 602, 701, atau 712 ke Daegyodong Bus Stop. Lokasi acara berjarak 100 meter dari halte tersebut.

Stroberi Korea sudah sangat dikenal sebagai salah satu yang terbaik di Asia (sudah saya sebut disini), dan Nonsan merupakan salah satu produser Stroberi terbesar di Korea. Jadi nggak sulit untuk membayangkan jika Nonsan Strawberry Festival ini pastilah sebuah event yang membebaskan pengunjungnya untuk memetik Stroberi sepuasnya.

Tak hanya itu, di event ini mudah sekali menemukan beragam panganan yang berasal dari Stroberi, mulai dari selai hingga kue beras, sehingga direkomendasikan bagi pecinta buah bercita rasa asam-asam manis ini.

4 – 6 April 2014
  • Icheon Baeksa Sansuyu Flower Festival

Lokasi: Icheon-si Baeksa-myeon (Dorip-ri, Gyeongsa-ri and Songmal-ri area)
Alamat: 667, Dorip-ri, Baeksa-myeon, Icheon-si, Icheon-si
Akses: Dari Dong Seoul Bus Terminal, naik intercity bus ke Icheon Terminal. Dari sana lanjut naik shuttle bus ke lokasi acara.

Inilah nama festival Sansuyu yang berada di kota Icheon. Skalanya memang lebih kecil dibanding event di Gurye, namun tetap seru karena festival Sansuyu ini dimeriahkan dengan berbagai event tambahan seperti aneka permainan tradisional.

  • Yeongchwisan Azalea Festival

Lokasi: area pegunungan Yeosu Yeongchwisan
Alamat: 547, Wollae-dong, Yeosu-si, Jeollanam-do
Akses: dari Yeosu Intercity Bus Terminal, naik Bus 52 ke Heungguksa Temple

Suka dengan bunga Azalea? Berkunjunglah ke festival yang diadakan di pegunungan Yeongchwisan yang sudah sangat dikenal sebagai gunung suci. Festival ini juga dimeriahkan dengan berbagai program seperti pemilihan Miss Azalea Flower.

4 – 7 April 2014
  • Yeongam Wangin Culture Festival

Lokasi: Yeongam-gun
Alamat: 440, Wangin-ro, Gunseo-myeon, Yeongam-gun, Jeollanam-do
Akses: Dari Seoul Central City Terminal, naik intercity bus ke Mokpo. Dari Mokpo Bus Terminal, naik local bus ke Yeongnam, turun di Historical Site of Dr.Wangin.

Festival ini bertujuan untuk mengapresiasi sosok Dr.Wangin yang pernah bepergian ke Jepang 1600 tahun yang lalu untuk mengajar seni dan budaya. Pada festival ini terdapat berbagai pertunjukan seni, parade, dan aneka pertunjukan bertema Dr.Wangin.

10 April – 13 April 2014
  • Goryeong Daegaya Experience Festival

Lokasi: Daegaya Museum, 460, Jisan-ri, Goryeong-eup, Goryeong-gun, Gyeongsangbuk-do
Akses: Dari Seoul Nambu Terminal, naik intercity bus menuju Goryeong Intercity Bus Terminal. Dari sana, lanjutkan naik shuttle bus menuju lokasi acara.

Pada intinya, festival ini merupakan festival budaya tradisional Korea saat masih bernama Daegaya (kira-kira pada abad ke-4). Di festival ini terdapat bermacam eksibisi koleksi antik, serta aktifitas seru lainnya seperti memetik stroberi.

11 – 14 April
  • Gijisi Juldarigi (tug-of-war) Festival

Lokasi: Gijisi, Dangjin-si, Chungcheongnam-do
Alamat: 167-63, Jeondae-ro, Songak-eup, Dangjin-si, Chungcheongnam-do
Akses: Dari Seoul Central City Terminal, naik express bus menuju Dangjin dan turun di Gijisi bus stop. Dari sana lanjut naik taksi menuju lokasi acara.

Suka permainan tarik tambang? Maka Gijisi Juldarigi Festival menjadi salah satu event yang wajib dihadiri. Tambang utama di festival ini bisa mencapai panjang 200 meter dan berat 40 ton! Sebagai pelengkap, di festival ini juga terdapat berbagai event lainnya seperti pertunjukan musik tradisional.

Gijisi Juldarigi [foto: Steve46814/wikimedia]
Gijisi Juldarigi [foto: Steve46814/wikimedia]
Gijisi Juldarigi [foto: Steve46814/wikimedia]
Gijisi Juldarigi [foto: Steve46814/wikimedia]
Gijisi Juldarigi [foto: Steve46814/wikimedia]
Gijisi Juldarigi [foto: Steve46814/wikimedia]
Gijisi Juldarigi [foto: Steve46814/wikimedia]
Gijisi Juldarigi [foto: Steve46814/wikimedia]
18 – 27 April 2014
  • Busan Lotus Lantern Festival

Lokasi: Yongdusan Park
Alamat: 12 Jungang-daero 196beon-gil, Dong-gu, Busan

Festival tahunan ini bertujuan mengajak pengunjung untuk lebih mengenal sisi budaya ajaran Buddha. Event utamanya adalah acara Grand Buddhist Ceremony dan Lotus Lantern Parade yang akan dilakukan mulai dari Stasiun Busan, Gudeok Playground, dan Gwangbok-dong.

25 – 27 April 2014 (digeser ke 20 – 22 Juni 2014)
  • Gwangalli Eobang Festival

Lokasi: Area pantai Gwangalli
Alamat: 192-20, Gwangan2-dong, Suyeong-gu, Busan-si
Akses: Naik Busan Subway Line 2, turun di Stasiun Gwangan (Exit 3 atau 5). Lanjutkan dengan jalan kaki 600 meter hingga melihat pantai Gwangalli.

Festival ini sejatinya merupakan festival musim semi. Namun karena satu dan lain hal digeser ke bulan Juni. Gwangalli Eobang Festival merupakan kombinasi antara perayaan musim semi dan perayaan laut. Di festival ini pengunjung akan diajak untuk menangkap ikan dengan tangan kosong dan berpartisipasi dalam berbagai even tambahan lainnya.

30 April 2014 – 6 Mei 2014
  • Mungyeong Traditional Chasabai Festival

Lokasi: Mungyeongsaejae Provincial Park Area
Alamat: 36, Saejae 2(i)-gil, Mungyeong-eup, Mungyeong-si, Gyeongsangbuk-do
Akses: Dari Dong Seoul Bus Terminal, naik intercity bus ke Mungyeong. Dari Mungyeong Bus Terminal, naik local Bus 100 ke Mungyeongsaejae Provincial Park
Tiket masuk: KRW5000* (dewasa), KRW3000* (remaja dan anak-anak)

Festival Chasabai (mangkok teh) ini diselenggarakan di kota Mungyeong yang memiliki sejarah panjang dalam bidang tembikar. Sudah tahu kan jika tembikar/keramik dari Korea termasuk salah satu yang terbaik di dunia? Nah, di festival ini pengunjung dapat melihat-lihat beragam jenis chasabai, dan bahkan mencoba membuat chasabai sendiri.

***

Ngomong-ngomong, saya belum memasukkan Cherry Blossom Festival dalam daftar festival di bulan April. Kenapa? Itu karena Cherry Blossom Festival (alias hanami) punya daftar lokasi yang sangat panjang, dan akan saya rekomendasikan dalam tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Korea Selatan saat musim semi.

***

* Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

 

baca juga :

Spring In Korea: Kalender Festival Di Bulan Mei

Spring In Korea, Wisata Kemana Ya?

Comments

comments