Lanjut ke festival musim panas lainnya di Korea Selatan, hanya saja kali ini giliran aneka festival di bulan Juli. Untuk festival bulan Juni, bisa dibaca disini.

 

4 – 9 Juli 2014
  • World Taekwondo Culture Expo

Lokasi: Muju-gun Area (Muju Dome Stadium and Muju Resort)
Alamat: 326-17, Hanpungnu-ro, Muju-eup, Muju-gun, Jeollabuk-do
Akses:
-Muju Dome Stadium: arah kebalikan dari Muju Intercity Bus Terminal;
-Muju Resort: naik shuttle bus dari Muju Intercity Bus ke Muju Resort

Suka dengan olah raga beladiri khususnya taekwondo? Bisa jadi Anda akan berminat menyaksikan festival ini. Sesuai dengan namanya, World Taekwondo Culture Expo, festival ini melibatkan atlet dari berbagai negara (untuk tahun 2014 ini ada 2000 atlet dari 31 negara) yang akan berpartisipasi dalam berbagai seminar dan kompetisi taekwondo. Jadi sudah bisa dipastikan jika event ini pasti sangat meriah, terlebih karena ada banyak sub-kegiatan menarik lainnya seperti face painting, menggambar karikatur, dan sebagainya.

17 – 28 Juli 2014
  • Boryeong Mud Festival

Lokasi: Daecheon Beach Area
Alamat: 1029-3, Sinheuk-dong, Boryeong-si, Chungcheongnam-do
Akses: Dari Seoul Central City Bus Terminal, naik express bus ke Boryeong Bus Terminal, dilanjutkan dengan naik bus menuju Daecheon Beach.

Ini dia salah satu festival musim panas terbesar di Korea Selatan. Boryeong Mud Festival selalu berhasil menarik animo para turis, terutama mereka yang suka bersenang-senang dan tak keberatan untuk mandi lumpur.

Terdapat beberapa event menarik selama penyelenggaraan festival ini, seperti pijat lumpur, gulat lumpur, berenang di kolam lumpur, aneka parade (termasuk yacht parade), dan tentu saja ada hiburan musik serta pesta kembang api. Atmosfer festival ini luar biasa meriah, sehingga sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang memang ingin menikmati musim panas yang sesungguhnya di Korea Selatan.

Boryeong Mud Festival [foto: Stinkie Pinkie/wikimedia]
Boryeong Mud Festival [foto: Stinkie Pinkie/wikimedia]
Boryeong Mud Festival [foto: Stinkie Pinkie/wikimedia]
Boryeong Mud Festival [foto: Stinkie Pinkie/wikimedia]
Boryeong Mud Festival [foto: Kai Hendry/wikimedia]
Boryeong Mud Festival [foto: Kai Hendry/wikimedia]
Boryeong Mud Festival [foto: Kai Hendry/wikimedia]
Boryeong Mud Festival [foto: Kai Hendry/wikimedia]
17 – 29 Juli 2014
  • Buyeo Seodong Lotus Festival

Lokasi: Seodong Park (Gungnamji) area
Alamat: 116, Dongnam-ri, Buyeo-eup, Buyeo-gun, Chungcheongnam-do
Akses: Dari Seoul Nambu Bus Terminal, naik intercity bus ke Buyeo. Dari Buyeo Intercity Bus Terminal, naik taksi ke Gungnamji.

Ada beberapa point yang membuat festival ini menarik. Pertama, tentu saja dari tujuan utama penyelenggaraan festival ini, yaitu untuk mengagumi keindahan bunga Teratai. Kedua, karena banyaknya event bertema Teratai yang bisa ditemukan dalam festival ini (seperti membuat bunga kertas, membuat sabun dari bunga Teratai, dan lain-lain). Dan yang ketiga, karena lokasi festival ini tak begitu jauh dari beberapa tempat tujuan wisata populer lainnya seperti beberapa situs bersejarah Baekje (tahun 18 Sebelum Masehi – tahun 660).

26 Juli – 1 Agustus

Jeongnamjin Jangheung Water Festival

Lokasi: Jangheung Tamjingang River dan Pyeonbaek Forest Woodland

Alamat: 21, Jangheung-ro, Jangheung-eup, Jangheung-gun, Jeollanam-do

Akses: dari Seoul Central Bus Terminal, naik express bus yang menuju Jangheung. Dari Jangheung Bus Terminal, naik bus yang menuju Jangheung-Woodland dan turun di Woodland bus stop, dilanjutkan dengan jalan kaki 5 menit ke Pyeonbaek Forest Woodland

Festival yang juga populer dengan nama Jeongnamjin Aqua Festival ini biasanya digelar pada akhir bulan Juli, walau saya belum dapat informasi pasti untuk pelaksanaan di tahun 2014. Festival ini memiliki banyak program menarik yang mengajak pengunjungnya untuk berpartisipasi dalam berbagai permainan dan aktifitas bertema air.

26 Juli – 2 Agustus 2014
  • Bonghwa Eun-Uh (Sweet Fish) Festival

Lokasi: Naeseongcheon Stream area
Alamat: Bonghwa-eup, Bonghwa-gun, Gyeongsangbuk-do
Akses: Naik express bus ke Bonghwa Bus Terminal, lalu seberangi Naeseong Bridge yang ada di sebelah kiri. Lokasi festival tak begitu jauh dari jembatan.
Harga tiket: KRW10000* (dewasa), KRW8000* (anak-anak)

Festival yang digelar di Bonghwa-gun ini menawarkan kombinasi antara kemeriahan festival khas musim panas (yang pastinya nggak jauh-jauh dari tema air) dengan aspek pendidikan dan kebudayaan. Terdapat bermacam kuis dan permainan yang berhadiah berbagai produk lokal dan juga aneka eksibisi bertema lingkungan air.

26 Juli – 3 Agustus 2014
  • Gangjin Celadon Festival

Lokasi: Goryeo Celadon Porcelain Kiln area
Alamat: Jeollanam-do Gangjin-gun Daegu-myeon Gangjin Goryeocheongjadoyoji
Akses: naik express bus ke Gangjin Bus Terminal. Dari sana, naik local bus yang menuju Goryeo Celadon Porcelain Kiln.
Harga tiket: KRW7000*

Pernah dengar tentang celadonCeladon merupakan jenis kerajinan keramik berwarna hijau khas Korea yang sudah ada sejak Dinasti Goryeo (935-1392). Salah satu daerah penghasil celadon ternama di Korea adalah Gangjin, dan hingga saat ini masih ada 16 tempat pembakaran keramik yang masih aktif.

Bagi yang tertarik mengenal celadon lebih lanjut, Gangjin Celadon Festival membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pengunjung untuk melihat-lihat berbagai celadon dan merasakan langsung pengalaman membuat celadon.

31 Juli – 3 Agustus 2014
  • Pohang International Fireworks Festival

Lokasi: Hyeongsangang Sports Park, Yeongildae Northern Beach, dan lain-lain
Alamat: Duho-dong, 95, Haean-ro, Buk-gu, Pohang-si, Gyeongsangbuk-do
Akses:
-menuju pantai Bukbu: dari Pohang Intercity/Express Bus Terminal atau dari Stasiun Pohang, naik bus no 105 atau 200 dan turun di Bukbu Beach Bus Stop.
-menuju Hyeongsangang Sports Park: dari Pohang Intercity/Express Bus Terminal, naik taksi ke Hyeongsangsang Sports Park.

Kembang api memang identik dengan meriahnya musim panas, jadi nggak heran jika festival ini termasuk salah satu festival yang paling ditunggu-tunggu selama musim panas di Korea Selatan.

Bagi yang tertarik hadir di festival ini, acaranya sebetulnya sudah dimulai sejak tanggal 26 Juli (pukul 19.30) dan dibuka dengan berbagai hiburan seperti parade dan musik. Untuk pembukaan festival dilakukan pada tanggal 27 Juli pukul 20.00. Selama periode acara, kemeriahan acara akan terjadi khususnya antara pukul 17.00-24.00.

***

* Harga dapat berubah sewaktu-waktu.
** Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

 

baca juga :

Summer In Korea, Main Ke Pantai Yuk!

Summer In Korea: Kalender Festival Agustus

Summer In Korea, Best Place To Visit (Non-Beach)

Comments

comments