Setiap negara memiliki tradisi yang unik untuk merayakan pergantian tahun, begitu juga dengan negara Jepang. Negara Matahari Terbit ini punya beberapa tradisi unik yang dilakukan menjelang pergantian malam tahun baru, saat tahun baru, hingga beberapa hari setelahnya. Detail lebih lengkap (Liburan Tahun Baru Ala Jepang) sudah pernah saya ulas dalam tulisan namun kali ini saya ingin membahas lebih detail tentang hatsumode.

Hatsumode merupakan kegiatan untuk melakukan kunjungan pertama ke kuil pada tahun baru. Tradisi tersebut sebetulnya dilakukan oleh kepercayaan Shinto (yang berarti seharusnya kunjungan tersebut dilakukan ke kuil Shinto). Namun pada kenyataannya, banyak juga yang melakukan hatsumode ke kuil Budha.

Inti dari kunjungan pertama ke kuil tersebut antara lain memanjatkan doa untuk keberuntungan dan keselamatan di tahun baru, membeli jimat, maupun menikmati suasana ala matsuri (festival) karena saat hatsumode dilakukan, akan ada banyak kuil makanan maupun stand permainan yang sengaja dibuka di area kuil. Bahkan, kalau mau ngeceng pun bisa lho, karena banyak juga yang sengaja berdandan secantik mungkin dan mengenakan pakaian tradisional lalu mejeng di area kuil.

Sejatinya hatsumode bisa diakukan di kuil mana saja yang terdekat dari rumah. Namun tetap saja ada beberapa kuil yang populer sebagai destinasi hatsumode, dikunjungi oleh ribuan orang bahkan lebih, dan memiliki suasana festival yang meriah.

Nah, jika teman-teman sedang berwisata ke Jepang saat tahun baru dan ingin mencoba melakukan hatsumode, berikut ini beberapa kuil yang populer sebagai tempat melakukan hatsumode. Tak perlu khawatir jika tak bisa datang pada tanggal 1 Januari, karena hatsumode lazim dilakukan antara tanggal 1-3 Januari.

Hokkaido Area

  • Hokkaido Shrine

Lokasi: Sapporo
Alamat: Miyagaoka 474, Chuo-ku, Sapporo

Hokkaido Shrine merupakan kuil terpopuler di Sapporo untuk melakukan Hokkaido. Setiap tahunnya, diperkirakan sebanyak 800.000 orang sengaja mengunjungi kuil ini untuk melakukan doa pertama di tahun baru yang biasa dilakukan antara tanggal 1-3 Januari.

Jika kalian berkesempatan mengunjungi kuil ini untuk melakukan hatsumode, jangan lupa membeli jimat berlambang zodiak Cina untuk tahun tersebut dan membeli umeshu (minuman keras khas Jepang dari plum) dan teh sakurayu yang terbuat dari tunas Sakura. Item-item tersebut sangat populer diburu oleh wisatawan yang melakukan hatsumode di kuil tersebut.

Hatsumode di Hokkaido Shrine [foto: via wikimedia]
Hatsumode di Hokkaido Shrine [foto: via wikimedia]

Kanto Area

  • Meiji Jingu

Lokasi: Tokyo
Alamat: 1-1, Kamizono-cho, Yoyogi, Shibuya-ku, Tokyo 151-0053

Kuil yang didedikasikan untuk memuja jiwa Kaisar Meiji dan Permaisuri Shoken ini memang populer sebagai destinasi hatsumode di Tokyo. Kuil yang terletak di Harajuku ini tercatat pernah menarik 3,2 juta pengunjung yang melakukan hatsumode (pada tahun 2010). Ngomong-ngomong, ada ciri khas dari kuil-kuil hatsumode di Tokyo.

Misalnya saja, Meiji Jingu ini dipercaya sebagai “power spot”, sehingga mereka yang berdoa di kuil ini berharap akan mendapat kekuatan yang lebih baik di tahun baru. Ciri khas kuil lainnya akan saya ulas di bagian masing-masing.

 

Antrian hatsumode di Meiji Jingu [foto: geraldford/wikimedia]
  • Sensoji Temple

Lokasi: Tokyo

Sensoji Temple merupakan salah satu kuil Budha terpopuler di Tokyo sebagai spot hatsumode. Kuil yang sudah dibangun sejak ribuan tahun lalu (walau pernah hancur total saat Perang Dunia II) ini dipercaya merupakan spot yang baik untuk memohon keberuntungan bisnis.

Jadi, jika kalian pebisnis yang tengah berada di Tokyo saat tahun baru, jangan lupa berkunjung ke Sensoji Temple saat tahun baru tiba!

 

Kaminarimon di Sensoji Temple [foto: Bgabel/wikimedia]
  • Kanda Myojin Shrine

Lokasi: Tokyo
Alamat: 2-16-2 Sotokanda, Chiyoda-ku, Tokyo

Kuil yang dikenal sebagai kuil otaku (die hard fans) ini menjadi spot hatsumode populer lainnya di Tokyo. Kabarnya, kuil Kanda Myojin ini populer sebagai spot untuk memohon kemenangan besar. Jika kalian berkunjung ke kuil ini, jangan lupa untuk membeli beragam jimat unik bertema teknologi.

Zuishinmon di Kanda Myojin Shrine [foto: Yamaguchi Yoshiaki/wikimedia]
  • Narita-san

Lokasi: Narita, prefektur Chiba
Alamat: 1 Narita, Narita-shi, Chiba

Narita-san merupakan sebuah kuil Buddha di prefektur Chiba (bersebelahan dengan Tokyo) yang menjadi spot terpopuler untuk melakukan hatsumode di kota tersebut. Kabarnya, kuil ini bisa menarik pengunjung hingga mencapai 3 juta orang dalam waktu 3 hari pertama di tahun baru.

Narita-san pada tanggal 1 Januari 2010 [foto: Abasaa/wikimedia]
  • Kawasaki Daishi

Lokasi: Prefektur Kanagawa

Kuil Buddha di kota Kawasaki ini merupakan salah satu spot hatsumode terpopuler di kota tersebut, dan merupakan salah satu yang paling populer di Jepang. Konon, di tahun 2006 saja sebanyak 2,72 juta orang sengaja datang ke kuil ini untuk melakukan hatsumode.

Main hall di Kawasaki Daishi [foto: via wikimedia.org]
  • Tsurugaoka Hachiman-gu

Lokasi: Kamakura, prefektur Kanagawa

Kuil Shinto paling populer di Kamakura, yang jaraknya tak begitu jauh dari Tokyo. Populer sebagai spot hatsumode di Kamakura.

Torii utama di Tsurugaoka Hachiman-gu [foto: Chris 73/wikimedia]

Kansai Area

  • Fushimi Inari Taisha

Lokasi: Kyoto

Kuil Fushimi Inari Taisha tak hanya dikenal karena memiliki gerbang kuil (torii) yang jumlahnya mencapai ratusan gerbang, namun juga populer sebagai tempat untuk melakukan hatsumode di Kyoto. Jumlah mereka yang melakukan hatsumode di kuil ini bisa mencapai hampir 3 juta orang dalam waktu 3 hari saja.

    Senbontorii di Fushimi Inari Taisha [foto: M338/wikimedia]
  • Sumiyoshi Taisha

Lokasi: Osaka
Alamat: 2-9-89, Sumiyoshi, Sumiyoshi-ku, Osaka

Kuil Sumiyoshi ini merupakan kuil terpopuler untuk melakukan hatsumode di Osaka, dan salah satu yang terpopuler di wilayah Kansai. Pada tahun 2010, sebanyak 2,6 juta pengunjung tercatat melakukan hatsumode di kuil ini.

Taikobashi (drum bridge) di Sumiyoshi Taisha [foto: Kimon Berlin/wikimedia]

Chubu Area

  • Atsuta Shrine

Lokasi: Nagoya, prefektur Aichi
Alamat: 1-1-1, Jingu, Atsuta-ku, Nagoya, Aichi

Salah satu kuil Shinto paling berpengaruh di Jepang yang dibangun mengikuti gaya Ise Shrine. Dengan reputasi seperti itu, nggak heran jika kuil ini menjadi salah satu spot paling populer untuk melakukan hatsumode di Jepang.

Atsuta Shrine [foto: Gnsin/wikimedia]
Itulah beberapa spot populer untuk melakukan hatsumode di Jepang. Sebetulnya masih banyak kuil populer lainnya yang juga selalu dipadati oleh pengunjung saat perayaan tahun baru. Jadi tak perlu sedih jika teman-teman tidak berkesempatan untuk mengunjungi kuil-kuil tersebut ya.

***

*Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia]

 

baca juga :

Kuil Shinto Vs Kuil Buddha, Dan Perbedaan Yang Perlu Diketahui Wisatawan

gimana Sih Caranya Menikmati Matsuri?”

Comments

comments