via vkc.or.kr
via vkc.or.kr

Masih tentang Seoul. Pada tulisan ini, saya sudah menulis informasi global tentang kota Seoul dan apa saja yang bisa ditemukan disana. Dan pada tulisan ini saya sudah berbagi informasi seputar Touris Information Center di seluruh Seoul, termasuk dengan tourist information desk.

Mungkin masih yang belum saya tulis (karena jumlah pusat informasi wisata di Seoul memang cukup banyak), namun mudah-mudahan cukup membantu teman-teman yang berencana main-main ke Seoul.

Walau jumlah pusat informasi wisata di Seoul cukup banyak dan tersebar di berbagai distrik, saya yakin nggak semua punya waktu untuk sengaja main ke tempat-tempat tersebut. Alasannya bervariasi, mulai dari males, bingung cari tempatnya, dan lain sebagainya.

Nah, bagi yang memang malas sengaja mampir ke kantor pusat informasi wisata, Seoul menawarkan fasilitas lain yang disebut mobile tourist offices. Penasaran?

Mobile tourist offices merupakan sebutan tak resmi untuk staff di pusat informasi wisata Seoul yang bekerja di luar ruangan. Mereka tidak sekedar duduk manis di balik meja dan melayani aneka pertanyaan dari wisatawan, namun mereka sengaja berdiri maupun lalu lalang di berbagai tempat yang mencolok dan banyak dilalui oleh wisatawan.

Tak sulit untuk menemukan staff mobile tersebut, karena mereka mengenakan jaket atau rompi merah terang dengan logo “i” di jaketnya.

Apa jasa yang ditawarkan oleh para staff mobile berjaket merah tersebut? Para staff tersebut memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik. Ada yang bisa bahasa Inggris, China, Jepang, hingga bahasa lainnya. Tentunya nggak semua staff bisa multibahasa ya, namun rata-rata menguasai minimal bahasa Inggris.

Para staff mobile tersebut akan membantu Anda yang memiliki pertanyaan mengenai berbagai obyek wisata, membantu Anda untuk melakukan reservasi hotel dan mengurus tiket kereta maupun pesawat (minimal mengarahkan Anda untuk pergi ke pusat informasi turis yang memiliki peralatan lebih lengkap), dan bahkan melayani Anda yang sekedar ingin tanya jalan.

Mereka juga memiliki kemampuan sebagai pemandu wisata yang dapat menunjukkan berbagai spot menarik di Seoul lho (untuk lebih jelasnya bisa menghubungi nomor telepon berbagai pusat informasi turis yang ada di tulisan ini). Mau tahu dimana saja bisa bertemu dengan si kerudung merah, eh, petugas berjaket merah ini? Berikut lokasinya:

Myeongdong

Area: Myeongdong Unesco Building – Myeongdong Theater – M Plaza – Stasiun Myeongdong
Jam operasional: 09.30-19.30
Bahasa: Inggris, Jepang, Cina

Namdaemun Market

Area: Jungang-ro, Namdaemun Tourist Information Center – Sungyemun – Samick Fashion Town
Jam operasional: 09.30-18.30
Bahasa: Inggris, Jepang, Cina

Sinchon (Ewha Womans University)

Area: Stasiun Sinchon Railway – pintu masuk Ewha University – Exit 2 di Stasiun Ehwa University – Bistro Bucks – Sinchon Police Station
Jam operasional: 10.00-19.00
Bahasa: Jepang, Cina

Itaewon

Area: Exit 1 di Stasiun Itaewon – International Arcade – Itaewon Shop – Itaewon 119 Safety Center
Jam operasional: 10.00-19.00
Bahasa: Inggris, Jepang, Cina

Dongdaemun

Area: Dongdaemun – Shinpyunghwa Fashion Town – Doosan Tower – Good Morning City – Dongdaemun History and Culture Park
Jam operasional: 12.00-20.00
Bahasa: Inggris, Jepang, Cina

Insadong

Area: Pintu masuk Insadong – Insadong Street – Ssamziegil – Gallery Miho – Angukdong Intersection
Jam operasional: 10.00-19.00
Bahasa: Inggris, Jepang, Cina

Gwanghwamun

Area: Gwanghwamun Information Center – Deoksugung – Seoul Plaza – Gwanghwamun Square – Sejong Center for the Performing Arts
Jam operasional: 09.30-18.30
Bahasa: Inggris, Jepang, Cina

Bukchon

Area: Gahoe-dong Community Service Center – Jeongdok Public Library – World Jewellery Museum – Bukchon “Eight View” – Bukchon “Fifth Vie” – Donmi Pharmacy – Seoul Museum of Chicken Art
Jam operasional: 09.00-18.00
Bahasa: Inggris, Jepang, Cina

Hongdae

Rute: Watson – Mister Donut – Trick Eye Museum – Etude House – Watson
Jam operasional: 12.00-20.00
Bahasa: Inggris, Jepang, Cina

Samcheongdong

Rute: Samcheong Police Station – Samcheong-ro – Samcheong-dong Resident Center – Dolgaedan-gil Entrance – Bukchon-ro 15-gil Vicinity
Jam operasional: 09.00-18.00
Bahasa: Inggris, Jepang, Cina

Sinsadong Garosu-gil

Rute: Fossil Korea – Zara – Kraze Burger – H&M – Mango Six – J-Tower – Holistic – Diesel
Jam operasional: 10.00-19.00
Bahasa: Inggris, Jepang, Cina

 

Kira-kira di spot itulah Anda bisa menemukan mobile tourist officer resmi dari pusat informasi wisata di Seoul. Jadi kalau lihat ada orang-orang berbaju merah yang stand by maupun keliling-keliling di area tertentu, jangan sungkan untuk tanya-tanya (jika ada yang mau ditanyakan). Sebagai penutup, saya lampirkan informasi lokasi Kedutaan Besar Indonesia di Seoul, plus nomor yang bisa dihubungi sekiranya ada masalah saat sedang jalan-jalan di Seoul. Berikut daftarnya:

Kedutaan Besar Indonesia

Alamat: 55, Yeouido-dong, Yeongdeungpo-gu, Seoul

Telp: +82-2-783-5675-7

Tourism Call/Complaint Centers

  • Untuk komplain secara umum tentang Seoul, hubungi Dasan Call Center di 02-120, ext.9 atau +82-2-120 ext.9 jika menelepon dari luar Korea.
  • Untuk komplain tentang masalah wisata/pariwisata, hubungi Tourist Information Center di 1330, atau +82-2-1330 jika menelepon dari luar Korea.

Komplain juga bisa dilayangkan melalui email, lho. Jika ingin komplain sehubungan dengan perjalanan wisata maupun wisata di Seoul, bisa layangkan email ke: tourcom@knto.or.kr dengan mencantumkan detail kejadian (seperti subjek laporan, waktu kejadian, lokasi, dan detail lainnya yang relevan).

Sedangkan jika ingin komplain hal-hal yang berhubungan dengan transportasi, bisa kirim email ke: happyride@seoul.go.kr. Jangan lupa lengkapi laporan dengan detail kejadian seperti nomor plat kendaraan, waktu kejadian, lokasi, dan sebagainya.

Semoga informasinya bermanfaat.

 

baca juga :

Yang Gratis-gratis di Seoul Korea Selatan

Kenalan Dengan T-Money, Kartu Transit Multifungsi Di Seoul

Comments

comments