fbpx
Home Guides Theme Park Terpopuler Di Jepang, Apa Saja? (Part 2 END)

Theme Park Terpopuler Di Jepang, Apa Saja? (Part 2 END)

Theme Park Terpopuler Di Jepang, Apa Saja? (Part 1)

 

Jika menyebut kata “theme park” dan “Jepang“, biasanya orang akan langsung teringat pada Tokyo DisneyLandTokyo DisneySea, maupun Universal Studio Japan. Namun Jepang nggak hanya memiliki 3 theme park besar itu saja.

Masih banyak lho theme park populer di Jepang yang walaupun tidak sebesar dan seterkenal ketiga theme park tersebut, namun memiliki beberapa keunikan dan daya tarik yang khas. Misalnya saja Fuji-Q Highland yang 4 roller coaster-nya memegang rekor dunia. Atau Nagashima Park yang memiliki roller coaster dengan panjang lebih dari 2 kilometer! Atau  Ah, langsung saja kita lihat aneka theme park populer yang ada di Jepang berikut ini.

6. Hakkeijima Sea Paradise

Harga tiket: gratis (untuk masuk ke kompleks ini), 5050 yen* (untuk 1 Day Ticket), 3000 yen* (Aqua Resort saja), 3300 yen* (Pleasure Land saja)

Sedang berwisata ke Tokyo dan ingin mencari amusement park yang menarik, namun nggak se-mainstream Tokyo Disneyland dan Tokyo Disneysea? Mampir saja ke Hakkeijima Sea Paradise. Tempat ini terletak di Yokohama dan hanya berjarak kira-kira 30 menit saja dari Tokyo, sehingga bisa dikunjungi pulang-pergi dari Tokyo.

Aqua Resort di Hakkeijima Sea Paradise. Foto: 1.bp.blogspot.com
Aqua Resort di Hakkeijima Sea Paradise. Foto: 1.bp.blogspot.com

Walau memiliki nama “sea paradise” (dan pada kenyataannya di tempat ini memang terdapat akuarium yang cukup besar dan menarik), namun di Hakkeijima Sea Paradise ini nggak melulu berisi akuarium saja.

Hakkeijima Sea Paradise merupakan sebuah kompleks yang terdiri dari beberapa fasilitas, diantaranya adalah Aqua Resort (dimana didalamnya terdapat Aqua Museum dan pertunjukan lumba-lumba), serta Pleasure Land.

Nah, di Pleasure Land inilah terdapat aneka permainan yang cocok untuk semua usia, karena disini terdapat aneka gentle ride seperti Merry-go-round, hingga permainan yang menguji adrenalin seperti Blue Fall (wahana free fall setinggi 107 meter) dan Surf Coaster (roller coaster yang menjorok ke laut).

Sirf cpaster. Foto: themeparkreview.com
Sirf cpaster. Foto: themeparkreview.com

7. Shima Spain Village

Harga tiket: 4900 yen* (1 Day passport)

Taman bermain ini terletak di wilayah Kansai, tepatnya di Shima Peninsula. Ada beberapa nama yang biasa digunakan untuk menyebut nama tempat ini, mulai dari Shima Spain VillageShima Spain Mura, hingga Parque Espana.

Yang pasti, nama-nama tersebut merujuk pada taman bermain yang dirancang dengan gaya Disneyland, namun dengan tema Spanyol. Sehingga jangan heran kalau di taman ini tak hanya memiliki roller coaster populer seperti Pyrenees (pernah mendapat predikat World’s longest inverted roller coaster tahun 1997-2014), namun juga memiliki pertunjukan tarian flamenco dan parade bertema Spanyol.

Pyrenees. Foto: themeparkreview.com
Pyrenees. Foto: themeparkreview.com

8. Space World

Harga tiket: 4420 yen*

Sepertinya, mayoritas theme park yang sudah disebut dalam daftar ini terletak di pulau Honshu yang merupakan pulau terbesar di kepulauan Jepang. Namun, bukan berarti di pulau lain sepi dan nggak ada hiburan. Contohnya kota Kitakyushu yang terletak di Prefektur Fukuoka, pulau Kyushu.

Di kota ini terdapat sebuah amusement park besar bernama Space World. Taman bermain tersebut memiliki lebih dari 30 wahana yang cocok untuk berbagai usia, mulai dari wahana untuk anak-anak hingga bagi adrenalin junkie.

Bagi mereka yang tertarik dengan wahana bertema thrill rides, salah satu wahana yang direkomendasikan di taman ini adalah “Venus GP”, yaitu sebuah roller coaster dengan loop hingga 360 derajat yang jalurnya mengelilingi sebuah model kapal luar angkasa. Alternatifnya, cobalah naik Titan V dan Zaturn; keduanya adalah roller coaster populer lainnya di Space World.

Venus GP. Foto: n2.hk
Venus GP. Foto: n2.hk

9. Yomiuri Land

Theme park ini lokasinya tak begitu jauh dari Tokyo, tepatnya di kota Inagi, Tama. Yomiuri Land ini pertama dibuka untuk umum tahun 1964, dan sampai saat ini memiliki beberapa atraksi dan wahana yang menarik untuk dicoba.

Salah satu highlight dari taman bermain ini adalah adanya roller coaster bernama Bandit  yang pernah menjadi roller coaster tercepat di dunia saat baru dibangun. Bandit juga pernah mendapat predikat sebagai roller coaster tertinggi di dunia, dan juga pernah disebut sebagai salah satu roller coaster terbaik di dunia.

Tak hanya Bandit, taman ini juga memiliki beberapa roller coaster keren lainnya, seperti Momonga Standing and Loop Coaster dan Wan Wan Coaster Wandit, serta dilengkapi dengan fasilitas lain seperti pemandian air panas dan water park.

Roller coaster Bandit. Foto: thecrypt/wikimedia
Roller coaster Bandit. Foto: thecrypt/wikimedia

10. Lain-lain

Salah satu theme park yang direkomendasikan untuk dikunjungi di Tokyo adalah Tokyo Dome City. Di kompleks ini terdapat roller coaster yang jalurnya dibuat menembus salah satu dinding bangungan, yaitu Thunder Dolphin.

Thunder Dolphin Roller Coaster. Foto: it.youinjapan.net
Thunder Dolphin Roller Coaster. Foto: it.youinjapan.net

Namun, jika teman-teman nggak berminat dengan theme park yang menjual aneka permainan thrill rides dan lebih mencari taman hiburan yang sifatnya tematik, cobalah berkunjung ke Kyoto Toei EigamuraTobu World Square. Aneka theme park tersebut lebih mengedepankan unsur tematis dan tidak memiliki atraksi yang akan membuat jantung copot, namun menarik juga untuk dijadikan sebagai sebuah alternatif hiburan.

Miniatur di Tobu World Square. Foto: c2.staticflickr.com
Miniatur di Tobu World Square. Foto: c2.staticflickr.com

 

Kira-kira, theme park atau amusement park mana yang paling menarik menurut teman-teman?

Comments

comments