Saat melakukan perjalanan wisata ke daerah lain, mempelajari moda transportasi umum yang berlaku di tempat tersebut jelas merupakan sebuah keharusan. Apalagi jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan wisata hemat.

Sudah jadi rahasia umum jika transportasi seringkali menjadi salah satu pos yang paling menguras biaya wisata selain akomodasi, sehingga salah satu cara terbaik untuk menekan biaya transportasi adalah menggunakan moda transportasi umum yang berlaku di kota maupun negara tujuan wisata tersebut.

Kali ini saya ingin berbagi tips untuk menekan biaya transportasi saat melakukan wisata ke Jepang. Untuk saat ini, saya tidak akan membahas jenis-jenis transportasi umum yang ada disana. Saya ingin fokus pada cara-cara yang bisa ditempuh untuk menekan biaya transportasi sebelum maupun setelah berada di Jepang.

Semoga tulisan ini bisa menginspirasi Jalan2ers yang akan melakukan wisata ke Jepang untuk mencari cara hemat yang paling sesuai dengan itinerary wisata. Sekalian promo, lihat juga tulisan tentang tips makan hemat di Jepang, tips akomodasi hemat, dan tips mencari obyek wisata murah di Jepang ya, hehe..

Sebelum pergi ke Jepang

  • Rajin-rajinlah mencari informasi penerbangan promo menuju ke Jepang. Biasanya harga promo selisihnya bisa jauh sekali dibanding dengan harga normal. Jika tidak mendapat tiket promo, setidaknya usahakan pergi pada low season. Harga tiket antara low season dan peak season selisihnya bisa sangat dramatis lho. Alternatif lain untuk menekan biaya tiket, pilihlah maskapai penerbangan murah seperti AirAsia maupun Jetstar.
  • Jangan ragu membandingkan antara promo satu maskapai dengan maskapai lainnya. Biasanya maskapai besar memiliki promo khusus yang bisa dilihat di website masing-masing. Begitu juga dengan tiket yang ditawarkan melalui agen perjalanan wisata. Jangan ragu untuk membandingkan harga agen satu dengan lainnya untuk mendapatkan penawaran terbaik.
  • Jika mendapat tiket pesawat yang membuat Anda mendarat diluar kota yang diinginkan (misalnya mendarat di Osaka, padahal Anda ingin wisata ke Tokyo), carilah informasi promo tiket terusan ke kota tujuan. Alternatif lainnya, carilah penerbangan domestik yang menawarkan diskon khusus maupun air passes.
AirAsia, salah satu alternatif penerbangan murah ke Jepang [foto: Luccio.errera, via community commons]
AirAsia, salah satu alternatif penerbangan murah ke Jepang [foto: Luccio.errera, via community commons]

Jika hanya berwisata di satu kota saja

  • Sudah bukan rahasia lagi jika moda transportasi umum di Jepang sangatlah baik. Jadi jika ingin berpindah lokasi wisata, gunakan moda transportasi umum yang ada di kota tersebut seperti kereta, subway, maupun bus. Untuk jarak dekat, jangan ragu untuk berjalan kaki. Sebisa mungkin hindari menggunakan taksi.
  • Jika ingin pergi ke beberapa tempat wisata dalam sehari, pertimbangkan untuk membeli tiket transportasi terusan. Beberapa kota memiliki penawaran tiket terusan untuk naik kereta maupun bus yang dapat digunakan selama 1-2 hari sehingga lebih praktis dan hemat. Namun jika hanya ingin pergi ke 1-2 tempat dalam sehari, tiket terusan akan lebih mahal dibanding membeli tiket secara satuan. Jadi cek itinerary Anda sebelum memutuskan akan membeli tiket terusan atau tidak.
  • Menyewa sepeda dapat menjadi alternatif wisata hemat dan juga sehat. Beberapa kota menawarkan rental sepeda mulai dari ¥200 selama sehari penuh, jauh lebih hemat dibanding membeli tiket terusan. Namun perlu diketahui harga sewa sepeda di setiap kota bisa sangat berbeda, seperti Kyoto yang rata-rata mematok harga mulai ¥1000 per-harinya. Jika tertarik untuk menyewa sepeda, jangan lupa untuk mengecek ke pusat informasi wisata (secara offline maupun online). Biasanya tersedia aneka alternatif rute yang bisa dikunjungi dengan bersepeda.
Kereta di Jepang [foto: tiseb] via community commons]
Kereta di Jepang [foto: tiseb] via community commons]
Subway di Jepang [foto: LWY] via community commons]
Subway di Jepang [foto: LWY] via community commons]
Bus di Jepang [foto: Hyougushi] via community commons]
Bus di Jepang [foto: Hyougushi] via community commons]

Jika ingin pergi wisata ke beberapa kota

  • Jika pergi selama minimal 7 hari dan akan mampir ke beberapa kota sekaligus (yang tersebar di berbagai wilayah di Jepang), pertimbangkan untuk membeli JR Pass, yaitu tiket terusan untuk mengakses kereta JR di seluruh Jepang (termasuk shinkansen, kecuali shinkansen Nozomi dan Mizuho). JR Pass hanya dapat dibeli di luar Jepang oleh warga non-Jepang dan dijual dalam 3 jenis tiket: 7 hari, 14 hari, dan 21 hari.
  • Seandainya akan bepergian ke berbagai kota namun ternyata masih masuk dalam sebuah wilayah (misalnya wilayah Kanto maupun wilayah Kansai), sebaiknya jangan membeli JR Pass. Carilah tiket terusan lain yang berlaku untuk wilayah tersebut, seperti JR East Pass (berlaku untuk wilayah Kanto, Koshinetsu, dan Tohoku) maupun JR Kanto Area Pass (berlaku untuk wilayah Kanto saja). Masih ada beberapa tipe tiket terusan lainnya yang rata-rata harganya jauh lebih ekonomis dibanding JR Pass.
  • Bagaimana jika waktu wisata kurang dari 7 hari dan JR Pass terasa over budget? Pertimbangkan untuk membeli Japan Bus Pass. Detail tentang Japan Bus Pass dapat dibaca disini. Alternatif lainnya, pertimbangkan untuk membeli tiket highway bus yang biasanya lebih ekonomis dibanding shinkansen.
  • Ada cara lain untuk menekan biaya shinkansen seandainya Anda tidak membeli JR Pass, yaitu jangan beli reserved seat. Membeli/melakukan reservasi tempat duduk akan dikenakan biaya tambahan hingga ratusan yen (free untuk pemegang JR Pass). Agar peluang mendapatkan tempat duduk tetap ada sekalipun tanpa reservasi, pergilah saat low season dan hindari bepergian pada pagi maupun malam hari (saat banyak orang menggunakan kereta untuk bekerja). Seandainya tetap tak dapat tempat duduk, tak masalah jika Anda berdiri maupun duduk di atas barang bawaan. Shinkansen adalah kereta cepat, jadi Anda takkan terlalu lama berada di perjalanan.
  • Jika ingin bepergian melintasi pulau, pertimbangkan untuk naik kapal feri. Tiket kelas dua untuk kapal feri biasanya lebih bersahabat untuk kantong. Alternatif lainnya, gunakan domestic flights. Persaingan antar moda transportasi seringkali membuat maskapai domestik memberikan harga diskon yang lumayan miring, terutama untuk rute-rute populer seperti Tokyo dan Osaka.
  • Berencana pergi ke kota-kota terpencil? Jika punya SIM internasional, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewa mobil. Namun perlu diperhitungkan juga biaya bensin dan uang tol yang harus dikeluarkan ya. Alternatif lainnya, Anda bisa mencoba melakukan hitchhiking atau menumpang kendaraan yang lewat. Aktifitas hitchhiking memang belum populer di Jepang, tapi bisa menjadi opsi yang menarik untuk dipertimbangkan terutama untuk backpacker.
JR Pass [foto: Fletcherjcm, via community commons]
JR Pass [foto: Fletcherjcm, via community commons]
Bagian dalam JR Pass [foto: ChrisHamby, via community commons]
Bagian dalam JR Pass [foto: ChrisHamby, via community commons]

Sebetulnya, kunci utama untuk menekan biaya transportasi adalah kejelian dalam menyusun itinerary. Jauh lebih hemat jika hanya berwisata di satu kota maupun satu wilayah saja, dibanding pergi ke beberapa kota di wilayah berbeda.

Sedangkan jika tetap ingin berwisata ke beberapa kota sekaligus, kenali aneka tiket terusan yang bermanfaat bagi wisatawan. Ragam tiket terusan tersebut akan saya tulis secara terpisah ya, karena jumlahnya banyak sekali..

Semoga tips-tipsnya bermanfaat..

Comments

comments