fbpx
Home Guides Tokyo Monorail Dan Hal-Hal Yang Membuatnya Menarik (Part 2 END)

Tokyo Monorail Dan Hal-Hal Yang Membuatnya Menarik (Part 2 END)

Masih seputar Tokyo Monorail. Untuk bagian pertama, bisa baca disini: Tokyo Monorail dan Hal-hal yang Membuatnya Menarik (1). Di bagian ini saya akan langsung mengulas stasiun ketiga di jalur Tokyo Monorail.

  • Stasiun Shin-Seibijo (local)

Alamat: 3-5-1 Haneda kuko, Ota-ku, Tokyo
Harga tiket: 160 yen* – 490 yen*
Timetable (menuju Hamamatsucho): mulai dari 05.24 hingga 23.42

Stasiun ini terletak di bawah tanah dan sepintas tak ada yang menarik disekitarnya karena pintu keluar stasiun ini terletak di dekat runway pesawat. Namun justru itulah yang membuat stasiun ini menjadi tempat penting bagi para pecinta pesawat terbang, karena di pintu keluar stasiun wisatawan dapat mendengar suara pesawat lepas landas maupun melihat pesawat dengan lebih dekat. Di dekat stasiun ini juga terdapat fasilitas tur untuk mengelilingi fasilias perbaikan pesawat yang dikelola oleh Japan Airlines dan All Nippon Airways.

Stasiun Shin-seibijo [foto: Filler/wikimedia]
Stasiun Shin-seibijo [foto: Filler/wikimedia]
  • Bandara Haneda Terminal International (Express, rapid, local)

Alamat: 2-6-5 Haneda Kuko, Ota-ku, Tokyo
Harga tiket: 160 yen* – 490 yen*
Timetable (menuju Hamamatsucho): mulai dari 05.17 (rapid) hingga 00.10 (express)

Stasiun ini dibuka bersamaan dengan dibukanya Terminal International pada tahun 2010. Selain terdapat banyak toko menarik di sekitar stasiun, wisatawan dapat menikmati suasana terminal internasional yang dirancang dengan nuansa ala Edo yang memberikan nuansa ala theme park.

Stasiun monorail di Terminal International [foto: AD Train/wikimedia]
Stasiun monorail di Terminal International [foto: AD Train/wikimedia]
  • Stasiun Tenkubashi (local)

Alamat: 1-1-2 Haneda Kuko, Ota-ku, Tokyo
Harga tiket: 160 yen* – 420 yen*
Timetable (menuju Hamamatsucho): mulai pukul 05.29 hingga 23.47

Stasiun ini masih berada di wilayah Haneda, tepatnya di dekat laut. Setidaknya ada 2 obyek wisata yang lokasinya tak jauh dari stasiun Tenkubashi, yaitu Anamori Inari Shrine dan Haneda Shrine. Anamori Inari Shrine semula berada di dalam bandara, namun pada tahun 1965 lokasinya dipindahkan karena adanya perluasan bandara. Kini kuil tersebut digunakan untuk memohon keselamatan bagi wilayah Haneda.

Sementara Haneda Shrine terletak di sebelah barat Anamori Inari Shrine. Kuil ini sudah dibangun sejak periode Kamakura (1185-1333) dan kini banyak digunakan oleh para pekerja di bidang penerbangan untuk memohon keselamatan kerja dan keselamatan terbang.

Stasiun Tenkubashi [foto: Filler/wikimedia]
Stasiun Tenkubashi [foto: Filler/wikimedia]
  • Stasiun Seibijo (local)

Alamat: 1-7-4 Haneda Kuko, Ota-ku, Tokyo
Harga tiket: 200 yen* – 420 yen*
Timetable (menuju Hamamatsucho): mulai pukul 05.31 – 23.48

Stasiun ini biasanya digunakan oleh para pekerja maupun profesional yang bekerja untuk berbagai kantor perusahaan penerbangan yang ada di area bandara. Jadi, walau secara komersial tidak ada fasilitas untuk penumpang umum maupun tidak ada obyek wisata di sekitar area, stasiun ini penting bagi industri penerbangan dan juga bagi mereka yang bekerja menjaga lautan (karena kantor Special Rescue Base dari 3rd Regional Coast Guard Headquarter bisa diakses dari stasiun ini).

Stasiun Seibijo [foto: Aimaimyi/wikimedia]
Stasiun Seibijo [foto: Aimaimyi/wikimedia]
  • Stasiun Showajima (local)

Alamat: 2-2-1 Showajima, Ota-ku, Tokyo
Harga tiket: 160 yen* – 340 yen*
Timetable (menuju Hamamatsucho): mulai pukul 05.33 hingga pukul 23.51

Stasiun ini berada dekat dengan Morigasaki Water Reclamation Center milik Tokyo Metropolitan Government, Haneda Industrial Park, dan Keihinjima Tsubasa Park. Keihinjima Tsubasa Park ini merupakan sebuah tempat yang populer di antara pecinta aircraft karena disini salah satu tempat terbaik untuk melihat pesawat take off dan mendarat di Bandara Haneda.

Pemandangan malamnya juga luar biasa karena berbagai landmark seperti Rainbow Bridge dan Tokyo Tower cukup terlihat dari taman ini. Tambahan lainnya, di sisi selatan stasiun ada Morigasaki Park yang berada di atap Morigasaki Water Reclamation Center.

Tokyo Monorail di Stasiun Showajima [foto: Stephane Gottraux/wikimedia]
Tokyo Monorail di Stasiun Showajima [foto: Stephane Gottraux/wikimedia]
  • Stasiun Ryutsu Center (rapid, local)

Alamat: 6-1-2 Heiwajima, Ota-ku, Tokyo
Harga tiket: 160 yen* – 340 yen*
Timetable (menuju Hamamatsucho): mulai pukul 05.02 hingga 00.01

Stasiun ini tak jauh dari Ota Wholesale Market. Adapun fasilitas lain yang ada di sekitar stasiun ini adalah Heiwajima Park yang ada di sisi barat stasiun dan populer sebagai tempat barbekyu; serta Tokyo Port Wild Bird Park yang populer untuk mengamati burung.

Stasiun Ryutsu Center [foto: Rsa/wikimedia]
Stasiun Ryutsu Center [foto: Rsa/wikimedia]
  • Stasiun Oi Keibajo Mae (Rapid, local)

Alamat: 2-2-35 Katsushima, Shinagawa, Tokyo
Harga tiket: 200 yen* – 420 yen*
Timetable (menuju Hamamatsucho): mulai dari pukul 05.04 – 00.03

Stasiun ini lokasinya sangat dekat dengan Oi Racecourse yang dibuka pada tahun 1950. Pemandangan tempat pacuan kuda itu bisa dilihat dari platform monorail. Tak jauh dari sana juga ada Shinagawa Kumin Park yang mana didalamnya ada Shinagawa Aquarium. Tamannya cukup menarik, asri, dan banyak tempat untuk piknik. Alternatif lainnya, ada Oi Futo Chuo Kaihin Park, sebuah taman yang sering disinggahi oleh burung-burung liar dan populer sebagai tempat olahraga.

Stasiun Oikeibajo-mae [foto: Filler/wikimedia]
Stasiun Oikeibajo-mae [foto: Filler/wikimedia]
  • Stasiun Tennozu Isle (rapid, local)

Alamat: 2-3-8 Higashi-shinagawa, Shinagawa-ku, Tokyo
Harga tiket: 200 yen* – 490 yen*
Timetable: (menuju Hamamatsucho) mulai pukul 05.08-00.07, (menuju terminal 2) mulai pukul 05.16 – 23.56

Stasiun monorail ini terkoneksi dengan Stasiun Tennozu Isle yang dilalui oleh Rinkai Line, sehingga kalian cukup mudah untuk pergi ke Odaiba maupun Disneyland melalui stasiun tersebut. Namun jika nggak berminat untuk main-main ke Odaiba atau Disneyland, coba jalan kaki saja ke Seafort Square yang lokasinya tak jauh dari stasiun.

Tempatnya terbilang menarik karena berada di tepi sungai dan jalannya dilapisi kayu. Terdapat banyak restoran, toko, kafe, dan banyak lagi di sepanjang sungai. Alternatif lainnya ada Higashi-Shinagawa Kaijo Park yang populer sebagai tempat kencan karena pemandangannya yang indah, terutama di malam hari.

Stasiun Tennozu Isle [foto: Filler/wikimedia]
Stasiun Tennozu Isle [foto: Filler/wikimedia]
  • Stasiun Monorail Hamamatsucho (express, rapid, local)

Alamat: 2-4-12 Hamamatsucho, Minato-ku, Tokyo
Harga tiket: 200 yen* – 490 yen*
Timetable: (menuju terminal 2) mulai pukul 04.58-00.01

Stasiun ini menjadi penutup/awal dari jalur monorail. Di stasiun yang dilalui oleh berbagai jalur kereta terutama oleh JR Yamanote Line posisinya tak begitu jauh dari Tokyo Tower, sebuah landmark kebanggaan Tokyo. Di dekat Tokyo Tower terdapat Zojoji Temple dan Shiba Park, salah satu taman terbesar di Tokyo. Melipir sedikit dari stasiun ada Kyu Shiba Rikyu Garden dan Hamarikyu Garden.

***

Bagaimana, setiap stasiun monorail punya daya tarik tersendiri kan? Jadi jangan sungkan untuk mencoba Tokyo Monorail saat berwisata ke Tokyo. Pada dasarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan etika saat berkereta api di Jepang. Intinya, gunakan saja common sense kita agar jangan sampai melakukan hal-hal yang akan mengganggu kenyamanan pengguna lainnya.

***

*Harga sewaktu-waktu dapat berubah.
**Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

Comments

comments