Di antara seluruh kota yang ada di negara Jepang, Tokyo merupakan kota yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Wajar, karena sebagai ibu kota negara Jepang, Tokyo memang memiliki banyak sekali tempat wisata. Kota ini pun cukup ramah terhadap wisatawan, terbukti dengan banyaknya pusat informasi turis di seluruh penjuru Tokyo.

Menariknya, hampir semua pusat informasi tersebut telah mendapat sertifikasi TIC (Tourist Information Center), sebuah program sertifikasi yang diadakan oleh Japan Tourism Agency dan JNTO (Japan National Tourism Organization), sehingga wisatawan tak perlu khawatir mengenai masalah kualitas pelayanan dari pusat-pusat informasi tersebut.

Bagi Jalan2ers yang akan berwisata ke Tokyo, saya ingin berbagi informasi mengenai beberapa pusat informasi turis yang bisa ditemukan disana. Sekalipun sudah memiliki itinerary sebelum berangkat ke Tokyo, nggak ada salahnya mampir ke berbagai pusat informasi wisata ini karena biasanya selalu ada penawaran menarik untuk wisatawan asing, baik berupa informasi kupon diskon, dan sebagainya.

Perlu diketahui, sebetulnya pusat informasi turis yang ada di Tokyo sangatlah banyak dan mudah ditemukan dimana saja. Nama-nama berikut hanyalah sebagian pusat informasi turis yang berada di daerah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing, seperti Shinjuku, Shibuya, maupun Asakusa; dan telah mendapat sertifikasi TIC yang dapat dibagi dalam 3 kategori: kategori 1, 2, dan 3. Berikut perbedaan layanan yang dimiliki oleh pusat informasi kategori 1, 2, dan 3:

Kategori 1: Hanya meng-cover area/prefektur tertentu saja, tidak memiliki staf full-time yang dapat berbahasa asing, buka lebih dari 240 hari dalam setahun, dan tidak menyediakan fasilitas internet/komputer untuk wisatawan.

Kategori 2: Informasi terbatas pada tempat wisata di prefektur tertentu dan daerah sekitarnya, memiliki staf yang dapat berbahasa Inggris, buka lebih dari 240 hari dalam setahun, dan tidak memiliki fasilitas internet/komputer yang dapat digunakan oleh wisatawan.

Kategori 3: Informasi yang tersedia meng-cover seluruh wilayah di Jepang, memiliki layanan dalam bahasa Inggris, Cina, dan Korea, buka sepanjang tahun, dan menyediakan fasilitas internet/komputer untuk wisatawan.

 

Tokyo Tourist Information Center (Main Office)

TIC KATEGORI 3

Alamat: Tokyo Metropolitan Government Building (Main Building no.1, 1F) 8-1, Nishi-Shinjuku 2-chome, Shinjuku-ku, Tokyo
Jam operasional: 09.30 – 18.30 (hingga pukul 23.00 s/d 31 Maret 2014), buka setiap hari (kecuali pada liburan akhir tahun-tahun baru)
Info kontak: 03-5321-3077 (telp), 03-5321-3078 (fax), info@tourism.metro.tokyo.jp  (email)
Keterangan:
Pusat informasi turis ini dikelola langsung oleh Tokyo Metropolitan Government. Disini wisatawan dapat mencari informasi berbagai tempat wisata di Tokyo, daerah lain di Jepang, maupun berbagai tempat wisata lain di luar Jepang. Wisatawan juga dapat mencari informasi tentang transportasi di Tokyo, informasi akomodasi, dan bisa membeli berbagai tiket terusan yang berlaku di Tokyo maupun membeli pernak-pernik lain yang berkaitan dengan Tokyo. Jika mampir ke sini, sempatkan diri untuk mengunjungi observation deck yang bisa diakses secara gratis.

Tokyo Metropolitan Government (TMG) Building [foto: Ivva/flickr]
Tokyo Metropolitan Government (TMG) Building [foto: Ivva/flickr]
Tokyo Metropolitan Government (TMG) Building [foto: Ivva/flickr]
Tokyo Metropolitan Government (TMG) Building [foto: Ivva/flickr]
Tokyo Metropolitan Government (TMG) Building [foto: ShardsOfBlue/flickr]
Tokyo Metropolitan Government (TMG) Building [foto: ShardsOfBlue/flickr]
Observation deck di TMG Building [foto: Magnus D/flickr]
Observation deck di TMG Building [foto: Magnus D/flickr]

Tokyo Tourist Information Center Haneda Airport Branch

TIC KATEGORI 2

Alamat: Haneda Airport International Terminal, 2F, 2-6-5 Haneda-kuko, Ota-ku, Tokyo
Jam operasional: 09.00 – 23.00, buka setiap hari
Info kontak: 03-6428-0653 (telp), 03-6428-0657 (fax), info@tourism.metro.tokyo.jp  (email)
Keterangan:
Salah satu cabang pusat informasi turis resmi yang dikelola oleh Tokyo Metropolitan Government. Disini wisatawan bisa mendapat aneka layanan yang juga ditawarkan di kantor utama (di Shinjuku), kecuali pembelian berbagai tiket dan merchandise.

Tokyo Tourist Information Center Keisei Ueno Branch

TIC KATEGORI 2

Alamat: Di depan counter tiket Stasiun Keisei Ueno (gate 60), Ueno-koen 1-chome, Taito-ku, Tokyo
Jam operasional: 09.30 – 18.30, buka setiap hari
Info kontak: 03-3836-3471 (telp), 03-3836-3472 (fax), info@tourism.metro.tokyo.jp  (email)
Keterangan:
Cabang lain dari pusat informasi turis resmi milik Tokyo Metropolitan Government. Layanan yang ditawarkan disini kurang lebih sama dengan cabang Haneda.

Shibuya Tourist Information Centre

Alamat: 4F Shibuya Mark City, 1-12-5 Dogenzaka, Shibuya-ku, Tokyo
Jam operasional: 10.00- 21.00, buka setiap hari
Info kontak: 03-3462-8311 (telp)
Akses terdekat:
Stasiun Shibuya (via Yamanote Line, Shonan-Shinjuku Line, Ginza Line, Hanzomon Line, Fukutoshin Line, Denentoshi Line, Keio-Inokashira Line, atau Tokyu Toyoku Line)
Keterangan:
Pusat informasi ini lokasinya strategis, berada di lantai 4 pusat perbelanjaan Shibuya Mark City. Cocok dikunjungi oleh wisatawan yang perlu informasi wisata saat berada di Shibuya. Keunggulan dari pusat informasi turis ini, antara lain adanya staf yang dapat berbahasa Inggris, serta banyaknya variasi informasi wisata yang dibuat multi bahasa (Inggris, Jepang, Cina, Korea) terutama untuk daerah Shibuya, Daikanyama, dan Harajuku.

JNTO TIC (Japan National Tourism Organization Tourist Information Center)

TIC KATEGORI 3

Alamat: 1st Floor Shin Tokyo Bldg, 3-3-1, Marunouchi, Chiyoda-ku, Tokyo
Jam Operasional: 09.00 – 17.00, buka setiap hari (kecuali tanggal 1 Januari)
Info kontak: 03-3201-3331 (telp)
Keterangan:
Pusat informasi turis ini dikelola oleh Japan National Tourims Organization yang telah berpengalaman sejak tahun 1962. Disini wisatawan dapat memperoleh informasi detail dan akurat mengenai berbagai tempat wisata di seluruh Jepang, meminta masukan seputar itinerary wisata, maupun merasakan berbagai pengalaman kebudayaan (di Marunouchi Café SEEK lantai 2). Fasilitas lain yang bisa di dapat dari pusat informasi turis ini antara lain: komputer dan free Wi-Fi (di lantai 2), peta gratis, pamflet multi-bahasa, dan berbagai kupon wisata. Tersedia juga staff yang dapat berbahasa Inggris, Cina, dan Korea.

Asakusa Culture Tourist Information Center

TIC KATEGORI 3

Alamat: 2-18-9 Kaminarimon, Taito-ku, Tokyo < Google Maps >
Jam operasional: 09.00 – 20.00, buka setiap hari
Info kontak: 03-3842-5566 (telp)
Keterangan:
Lokasinya tak begitu jauh dari Stasiun Asakusa dan Sensoji Temple, sehingga ideal dikunjungi oleh wisatawan yang akan berwisata ke Asakusa. Tempat ini memiliki staff yang dapat berbahasa Inggris, Cina, dan Korea, dan memiliki informasi tempat wisata yang berada di seluruh Jepang. Bangunan setinggi 8 lantai ini juga menyediakan Wi-Fi gratis, kafe, dan observation deck untuk menikmati Asakusa dari ketinggian. Sebagai informasi tambahan, pusat informasi turis ini juga populer di kalangan pecinta wisata arsitek karena desain bangunannya yang unik, karya arsitek ternama Kengo Kuma.

Asakusa Culture Tourist Information Center [foto: Kakidai/Wikimedia]
Asakusa Culture Tourist Information Center [foto: Kakidai/Wikimedia]
Asakusa Culture Tourist Information Center [foto: *_*/flickr]
Asakusa Culture Tourist Information Center [foto: *_*/flickr]
Asakusa Culture Tourist Information Center [foto: dok.pribadi 2012]
Asakusa Culture Tourist Information Center [foto: dok.pribadi 2012]
 

Apakah informasi di atas masih kurang? Atau tidak ada yang mudah di akses dari tempat tujuan wisata yang sudah direncanakan? Bila ya, untuk informasi lengkap alamat pusat informasi wisata di Tokyo bisa cek langsung disini dan disini. Semoga informasinya bermanfaat!

 

* Semua foto diambil dari flickr maupun wikimedia melalui creative commons. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia. Tidak ada perubahan dari foto aslinya.

Comments

comments