fbpx
Home Guides Waktu Terbaik Untuk Wisata Ke Jepang, Kapan Saja?

Waktu Terbaik Untuk Wisata Ke Jepang, Kapan Saja?

Ada sebuah pertanyaan klasik yang biasa ditanyakan oleh wisatawan yang akan pergi berwisata ke daerah lain maupun ke negara lain, yaitu: “kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke [isi nama negara tujuan wisata kalian]”?

Begitu juga dengan negara Jepang. Pasti ada saja pertanyaan “kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke Jepang?”. Apakah saat musim semi (Maret-Mei)? Musim panas (Juni-awal September)? Musim gugur (pertengahan September-November)? Atau malah mungkin di musim dingin (Desember-Februari)? Biasanya, jawaban standar yang akan saya berikan adalah: “Jepang itu menarik untuk dikunjungi di keempat musim, jadi kapanpun adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke Jepang.”

Di keempat musim tersebut memang ada saja highlight yang membuat musim tersebut menarik untuk dikunjungi. Namun kapan persisnya waktu terbaik untuk berkunjung ke Jepang, itulah yang akan saya ulas disini.

Ilustrasi keempat musim di Jepang. Foto: via jnto.or.id
Ilustrasi keempat musim di Jepang. Foto: via jnto.or.id

Mari mulai dengan menikmati mekarnya bunga Sakura di musim semi

Musim semi di Jepang memang identik dengan mekarnya bunga Sakura, yang biasanya dinikmati sambil makan, minum, dan berpesta di bawah pohon bunga yang tengah mekar (alias hanami). Dengan kata lain, bintangnya musim semi di Jepang adalah bunga Sakura, dan saat terbaik untuk berkunjung di musim semi adalah saat bunga Sakura mekar penuh.

Bunga Sakura. Foto: via rackspacecloud.com
Bunga Sakura. Foto: via rackspacecloud.com

Lantas kapan waktu terbaik untuk melihat mekarnya bunga Sakura? Saya pernah mengulasnya dalam tulisan

Musim Semi Di Jepang, Lihat Sakura Dimana?

Disana saya sudah menulis perkiraan waktu mekar bunga Sakura di Jepang tahun 2014 (yang dimulai dari pulau Okinawa yang berada di paling selatan Jepang dan diakhiri di Hokkaido yang berada di ujung utara), dan biasanya waktunya tidak bergeser terlalu jauh dari tahun ke tahun. Sedangkan untuk tempat hanami terbaik di Jepang, kalian bisa melihatnya disini:

Best Of The Best Hanami Spot Di Seluruh Jepang

Hanami. Foto: via yukicenter
Hanami. Foto: via yukicenter

Menggila di festival musim panas yang liar, atau menikmati aktifitas outdoor di pantai dan waterpark

Temperatur udara saat musim panas di Jepang bisa betul-betul panas! Namun jangan dulu buru-buru menasbihkan musim panas sebagai musim yang membosankan. Di Jepang, musim panas merupakan tuan rumah untuk berbagai festival berskala besar, dan beberapa diantaranya sangat liar.

Sebut saja Sanja Matsuri (yang sebetulnya berada di peralihan musim semi dan musim panas) dan Asakusa Samba Carnival di Tokyo, Gion Matsuri di Kyoto, dan banyak lagi. Sebagian lainnya merupakan festival yang menawarkan keindahan dan kemeriahan, seperti festival kembang api.

Jadi, jika kalian berencana untuk berwisata ke Jepang saat musim panas, sangat disarankan untuk mengecek jadwal festival yang ada di kota tujuan wisata kalian (yang waktunya bisa sangat tentatif). Namun kira-kira inilah jadwal pelaksanaan beberapa festival populer di Tokyo, Kyoto, dan Osaka (yang merupakan kota tujuan wisata terpopuler di Jepang).

Asakusa Samba Carnival. Foto: via blogdomi.com.br
Asakusa Samba Carnival. Foto: via blogdomi.com.br
  • Sanja Matsuri, Tokyo (akhir pekan di pertengahan bulan Mei)
  • Sumidagawa Fireworks, Tokyo (Sabtu terakhir di bulan Juli)
  • Asakusa Samba Carnival, Tokyo (akhir Agustus)
  • Harajuku Omotesando Genki Matsuri Super Yosakoi, Tokyo (akhir Agustus)
  • Gion Matsuri, Kyoto (1-31 Juli)
  • Sumiyoshi Festival, Osaka (1-31 Juli)
  • Tenjin Matsuri, Osaka (25 Juli)

Namun jika waktu wisata nggak bertepatan dengan festival apapun, jangan dulu kecewa. Kalian bisa bersenang-senang di berbagai waterpark yang ada di seluruh Jepang, namun perlu diingat jika rata-rata waterpark hanya buka mulai bulan Juli hingga awal September.

Sedangkan jika ingin bersenang-senang di pantai, pantai di Okinawa sudah mulai merasakan musim panas sejak bulan Juni, sementara pantai di wilayah lain biasanya baru dibuka mulai bulan Juli-Agustus.

Salah satu pantai di Okinawa. Foto: via mainfun.ru
Salah satu pantai di Okinawa. Foto: via mainfun.ru

Larut dalam lautan warna-warni musim gugur di Jepang

Lazimnya musim gugur di negara 4 musim, musim gugur di Jepang juga diwarnai dengan perubahan warna daun. Di Jepang ada sebuah tradisi musim gugur yang kontra dengan tradisi hanami di musim semi, yaitu momijigariMomijigari dapat diterjemahkan secara bebas sebagai aktifitas untuk menikmati perubahan warna daun musim gugur.

Jika hanami identik dengan pesta dan hura-hura, maka momijigari jauh lebih tenang dan kental dengan nuansa refleksi diri.

Musim gugur di Jepang. Foto: via retrip.com
Musim gugur di Jepang. Foto: via retrip.com

Jika kalian berwisata di musim gugur, jangan lewatkan kesempatan untuk melakukan momijigari. Berbeda dengan musim semi, dimana bunga Sakura mekar lebih dulu di wilayah Selatan (seperti Okinawa) dan berujung di Utara (Hokkaido), maka perubahan warna daun akan terjadi lebih dulu di Hokkaido.

Untuk beberapa spot, daun sudah mulai berubah warna sejak pertengahan September, dan baru berakhir pada akhir Oktober. Untuk wilayah Kanto, daun-daun di Oze akan mulai berubah warna pada akhir September, sementara untuk wilayah Tokyo baru terjadi di akhir bulan November-awal Desember. Kyoto, Osaka, dan sebagian wilayah Chubu termasuk yang agak telat, karena daun-daun musim gugur baru akan berubah di pertengahan November-awal Desember.

Kuil Kiyomizudera saat iluminasi musim gugur. Foto: via tapchidulich.com.vn
Kuil Kiyomizudera saat iluminasi musim gugur. Foto: via tapchidulich.com.vn

Dan akhirnya, bermain salju maupun menikmati iluminasi musim dingin yang super keren

Banyak hal menarik yang bisa dilakukan saat musim dingin di Jepang, dan itu berarti banyak waktu terbaik untuk berkunjung ke Jepang di musim dingin. Jika kalian ingin menikmati salju maupun bermain ski, baca info lengkapnya disini: Wisata Musim Dingin ke Jepang, Lihat Salju Dimana?, dan bisa baca tulisan ini jika ingin menikmati salju di musim semi:

Menikmati Musim Semi Bersalju Di Jepang

Sedangkan jika ingin menikmati festival salju, yang paling populer adalah festival salju di beberapa kota di Hokkaido yang biasanya berlangsung pada bulan Januari atau Februari.

Musim dingin di Shirakawago. Foto: via mellowmonk.com
Musim dingin di Shirakawago. Foto: via mellowmonk.com

Musim dingin di Jepang identik dengan iluminasi Natalnya. Dan, jika kita bicara tentang Jepang, kalian dapat mengharapkan untuk menemukan iluminasi terbaik dan terkeren yang bisa kalian bayangkan disini.

Jika kalian berharap untuk melihat iluminasi musim dingin, rata-rata spot populer memulai rangkaian iluminasinya pada akhir November-akhir Desember, walau ada juga yang berhenti setelah malam Natal berakhir, sementara sisanya terus berlanjut hingga Valentine’s Day. Namun hampir bisa dipastikan jika awal bulan Desember-malam Natal merupakan spot terbaik untuk menikmati iluminasi musim dingin di Jepang.

Foto: via wowsai.com
Foto: via wowsai.com

 

Lantas kapan waktu yang kurang baik untuk berkunjung ke Jepang? Akan saya ulas dalam tulisan selanjutnya, ditunggu ya!

Comments

comments