Sebelumnya, saya sudah merekomendasikan aneka ski resort yang bisa dikunjungi saat wisata musim dingin di Korea Selatan. Namun saya rasa nggak semua orang suka jatuh berdebum-debum di atas salju (dan sayang juga kan kalau pergi ke ski resort hanya untuk bikin boneka salju). Jadi, bagi yang nggak tertarik untuk main salju, nggak perlu khawatir. Masih banyak kok tempat seru lain yang bisa dikunjungi saat musim dingin di Korea Selatan.

Sesuai dengan rekomendasi aktifitas musim dingin yang saya tulis disini, kali ini saya ingin mengajak teman-teman untuk wisata spa dan pemandian air panas. Ya, wisata ke pemandian air panas (dalam istilah Jepangnya adalah onsen) termasuk salah satu aktifitas favorit di musim dingin lho, apalagi jika sebelumnya sudah berdingin ria di area bersalju.

Yang membuat wisata pemandian air panas dan spa ini menarik, karena lokasinya yang mudah ditemukan di berbagai provinsi, serta karena banyaknya tipe pemandian yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan mulai dari pemandian air panas outdoor maupun indoor, pemandian berkonsep spa resort maupun water park, dan lain-lain.

Berhubung spa dan pemandian air panas di Indonesia juga nggak kalah banyaknya, yang akan saya rekomendasikan disini hanyalah pemandian air panas yang betul-betul populer untuk wisatawan asing. Mayoritas bertipe pemandian outdoor, alias pemandian di ruang terbuka. Maksudnya, jenis pemandian air panas yang betul-betul berada di luar ruangan sehingga wisatawan bisa berendam air panas sambil menikmati pemandangan sekitarnya. Seru kan kalau sambil berendam sekaligus menikmati salju?

Berikut beberapa pemandian air panas favorit, yang menariknya, tak semua berada jauh di tempat terpencil. Misalnya saja Paradise Hotel di Busan yang berada tepat di pantai Haeundae. Di lantai 4 hotel ini terdapat 5 kolam air panas bersuhu 40-44 derajat Celcius.

Karena letaknya yang ada di ketinggian, sambil berendam wisatawan bisa menikmati pemandangan ke arah lautan. Provinsi Gyeongsangnam-do juga memiliki sebuah kolam air panas terbuka, yaitu Bugok Hot Spring di Changnyeong, yang konon memiliki air dengan suhu terpanas se-Korea Selatan. Nggak main-main, suhunya mencapai 78 derajat Celcius lho!

Suasana kamar di Paradise Hotel [foto: matt @ PEK/flickr]
Suasana kamar di Paradise Hotel [foto: matt @ PEK/flickr]
Suasana kamar di Paradise Hotel [foto: matt @ PEK/flickr]
Suasana kamar di Paradise Hotel [foto: matt @ PEK/flickr]
Suasana dari Paradise Hotel [foto: Matt @ PEK/flickr]
Suasana dari Paradise Hotel [foto: Matt @ PEK/flickr]
Suasana dari Paradise Hotel [foto: Junho Jung/wikimedia]
Suasana dari Paradise Hotel [foto: Junho Jung/wikimedia]
 

Spa terbuka lainnya terdapat di provinsi Chungcheongnam-do. Salah satu yang terpopuler adalah Resom Ocean Castle, spa pertama di Korea Selatan yang mengadopsi konsep resort spa lautan. Jadi selain berendam di air panas, wisatawan bisa sekaligus menikmati sunset dan suasana ala resort. Tempat favorit lainnya adalah Onyang Hot Spring di Asan.

Tempat ini konon rutin dikunjungi oleh keluarga kerajaan sejak 1300 tahun yang lalu karena airnya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Ada 120 hotel dan motel di area ini, jadi cocok banget dikunjungi bagi yang memang niat untuk wisata pemandian air panas.

Paradise Spa Dogo yang juga terdapat di Asan juga menarik untuk dikunjungi karena tak hanya memiliki kolam pemandian air panas, namun juga memiliki beberapa program bertema air seperti aqua yogaaqua danceaqua stretching, dan lain-lain.

Provinsi Gangwon-do juga memiliki beberapa tempat pemandian air panas. Yang pertama saya sebut adalah Cheoksan Hot Spring di Sokcho. Tempat ini memiliki air panas yang tak hanya lembut di kulit, namun bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari kelelahan hingga penyakit mata. Tempat lainnya adalah Samcheok Hot Spring Hotel yang ada di Samcheok-si.

Beralih ke provinsi Gyeongsangbuk-do, ada Deokgu Hot Spring di Uljin yang memiliki air panas bersuhu 41 derajat celcius. Airnya juga dipercaya memiliki aneka khasiat untuk kesehatan, dan yang paling menyenangkan, tempat ini memiliki pemandian air panas outdoor dengan pemandangan ke arah lembah (karena lokasinya yang berada di gunung).

Selain Deokgu Hot Spring, Sail Spa Land di Yeongcheon-si provinsi Gyeongsangbuk-do yang juga memiliki pemandian air panas berkonsep ruang terbuka.

Selain tempat-tempat di atas, masih ada beberapa tempat keren lainnya seperti Sanbangsan Mountain Tansan Hot Springs di yang cukup populer di pulau Jeju.

Di provinsi Chungcheongbuk-do juga ada Suanbo Hot Spring di Chungju yang menawarkan sumber air panas alami bersuhu 53 derajat Celcius. Dan di Daejeon ada Yuseong Hot Spring yang juga rutin dikunjungi oleh keluarga kerajaan sejak jaman pemerintahan raja Taejo (1392-1398) dari Dinasti Joseon.

Ingin berendam di tempat yang berbeda dari tempat-tempat di atas? Main saja ke aneka water parks yang sekaligus memiliki pemandian air panas. Salah satu water park terpopuler adalah Seorak Waterpia (yang pernah saya sebut disini dan disini), sebuah water theme park yang dilengkapi dengan fasilitas spa dan kolam air panas alami yang baik untuk kulit.

Seorak Waterpia ini lumayan menarik lho, jadi kapan-kapan saya tulis lebih detail lagi. Beberapa water park lain sebetulnya sudah pernah saya tulis disini, seperti Caribbean Bay di Yongin dan Termeden di Icheon, keduanya di provinsi Gyeongi-do; dan Ocean World Vivaldi Park di Hongcheon, provinsi Gangwon-do. Jadi saya nggak akan panjang lebar menulis tentang aneka water park tersebut.

Seorak Waterpia [foto: Dushan]
Seorak Waterpia [foto: Dushan]
Seorak Waterpia [foto: Miae/flickr]
Seorak Waterpia [foto: Miae/flickr]
Seorak Waterpia [foto: Miae/flickr]
Seorak Waterpia [foto: Miae/flickr]
Seorak Waterpia [foto: Dushan]
Seorak Waterpia [foto: Dushan]
Demikian kurang lebih aneka tempat berendam yang menarik untuk dikunjungi saat musim dingin tiba. Jika tempat rekomendasinya masih kurang, coba lihat lagi aneka festival di bulan DesemberJanuari dan Februari, serta aneka sunrise festival. Tempat dimana festival tersebut berlangsung rata-rata merupakan tempat yang populer dikunjungi saat musim dingin tiba. Jadi jangan hanya main ke berbagai festivalnya, jelajahi juga daerah di sekitar lokasi festival tersebut ya.

***

* Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

 

baca juga :

Winter In Korea, Kulineran Yuk!

Spring In Korea, Wisata Kemana Ya?

Comments

comments