Sama seperti musim lainnya, musim dingin di Korea Selatan juga dimeriahkan dengan aneka festival khas musim dingin. Jika festival musim semi identik dengan bunga dan suasana alam, festival musim panas terasa lebih ceria dan bersemangan serta tak jauh-jauh dari pantai, dan festival musim gugur sangat kental dengan suasana alam; maka festival musim dingin tak jauh-jauh dari tema salju, es, dan iluminasi khusus di malam hari.

Secara keseluruhan, jumlah dan variasinya memang tidak sebanyak musim lainnya (terutama musim gugur yang daftar festivalnya bisa berjejer beriringan). Namun tetap sebisa mungkin saya usahakan membuat list festival selengkap mungkin. Harapannya masih sama dengan tulisan-tulisan saya sebelumnya, mudah-mudahan bisa sedikit membantu teman-teman yang ingin berwisata musim dingin ke Korea Selatan namun masih bingung dengan itinerary-nya.

Note:

Jadwal pelaksanaan festival sewaktu-waktu dapat berubah. Bisa lebih cepat dari tanggal perkiraan, lebih lambat, atau dibatalkan sama sekali. Cek dan ricek dulu sebelum memutuskan untuk hadir di salah satu festival berikut ini ya.

6 Desember – 16 Maret
  • Lighting Festival

Lokasi: taman-taman utama
Alamat: 49, Chungnyeong-ro 45beon-gil, Sang-myeon, Gapyeong-gun, Gyeonggi-do
Akses: Dari Sangbong Bus Terminal atau Dong Seoul Bus Terminal, naik bus yang menju Cheongpyeong Bus Terminal. Dari Cheongpyeong Terminal, naik bus ke the Garden of Morning Calm
Harga tiket: bervariasi, antara KRW4000*-6000*/orang (tergantung usia)

Musim dingin memang nggak seru jika tanpa iluminasi khusus, dan Lighting Festival yang digelar di Garden of Morning Calm ini disebut-sebut sebagai festival iluminasi terbesar di Korea. Luas area yang dicover oleh cahaya kurang lebih 100 ribu pyeong, dan pencahayaannya dimulai pukul 17.30-21.00 setiap harinya (kecuali untuk hari Sabtu dan tanggal-tanggal tertentu).

13 Desember – 2 Februari
  • Boseong Green Tea Plantation Light Festival

Lokasi: Botjae Dawon, Dahyanggak Pavilion Observatory area
Alamat: 745-4, Nokcha-ro, Hocheon-myeon, Boseong-gun, Jeollanam-do
Akses: dari Seoul Central Bus Terminal, naik express bus ke Gwangju. Dari Gwangju U-square Bus Terminal, transfer ke bus langsung ke Boseong. Dari Boseong Terminal, naik local bus menuju Green Tea Plantation
Waktu: pukul 18.00-24.00 setiap harinya

Nama Boseong pernah saya sebut beberapa kali disini, disini, dan disini. Kali ini, Boseong juga tak mau ketinggalan menggelar event bertemakan musim dingin. Boseong Green Tea Plantation Light Festival merupakan sebuah event iluminasi khusus yang digelar di perkebunan teh.

Pada event ini, sebuah pohon berukuran besar akan didekorasi khusus dengan lampu yang menarik, begitu juga dengan beberapa tempat lainnya di Boseong. Tentunya akan ada berbagai event menarik lainnya yang akan melibatkan partisipasi dari wisatawan.

Boseong Green Tea Plantation Light Festival via seoulkoreatour.net
Boseong Green Tea Plantation Light Festival via seoulkoreatour.net
18 – 22 Desember
  • Seoul Design Festival

Lokasi: COEX Hall B
Alamat: 58, Teheren-ro 87-gil, Gangnam-gu, Seoul
Akses: Stasiun Samseong (Seoul Subway Line 2), keluar di Exit 5 atau 6
Harga tiket: KRW8000*

Sejak pertama kali digelar pada tahun 2002, Seoul Design Festival berkomitmen mempromosikan aneka ide desain masa depan. Tak heran jika festival ini rutin diikuti oleh berbagai desainer berbakat dari Korea dan negara lainnya di seluruh dunia. Beberapa program rutin di festival ini antara lain membahas aneka trend masa kini, Design Solution, Designer Promotion, Global Designer, Designer’s Lab, dan Creative Korea.

18 Desember – 9 Februari
  • Seoul Snow Festival

Lokasi: Peace Plaza at the War Memorial of Korea
Alamat: 8, Yongsan-dong 1-ga, Yongsan-gu, Seoul
Akses: Dari Exit 1 di Stasiun Samgakji (via Seoul Subway Line 4), jalan kaki 5 menit menuju lokasi acara.
Harga tiket: KRW12000* (usia 2 tahun-usia SD), KRW15000* (pelajar SMP ke atas)

Salah satu event musim dingin terbesar di Seoul. Di acara ini akan ada berbagai event dan pameran bertema salju, dan pengunjung bisa berpartisipasi dalam event-event tersebut. Beberapa contekan aktifitas dalam festival ini antara lain: perang bola salju, seluncur salju, mewarnai igloo, dan lain-lain.

20 – 22 Desember
  • Yeongdong Dried Persimmons Festival

Lokasi: Yeongdong Gymnasium Area
Alamat: 11, Seongan-gil, Yeongdong-eup, Yeongdong-gun, Chungcheongbuk-do
Akses: Dari Stasiun Seoul, naik kereta ke Yeongdong

Daerah Yeongdong sudah sangat dikenal sebagai salah satu penghasil buah terbesar di Korea, dan salah satu buah yang menjadi ciri khasnya adalah persimmon atau kesemek. Jadi tak heran jika di wilayah ini kemudian diadakan sebuah festival bertema kesemek yang diberi nama Yeongdong Dried Persimmons Festival. Ada berbagai program seru bertema kesemek di festival ini, mulai dari membuat selai kesemek, hingga mencoba aneka perawatan menggunakan daun dan buah kesemek.

27 Desember – 19 Januari
  • Hongcheon Winter Festival

Lokasi: Hongcheongyo Bridge area di Hongcheon-gun, Gangwon-do
Alamat: 1792, Seorak-ro, Hongcheon-eup, Hongcheon-gun, Gangwon-do
Akses: dari Central City Terminal, Dong Seoul Bus Terminal, atau Sangbong Bus Terminal, naik intercity bus menuju Hongcheon Terminal. Dari sana, jalan kaki menuju Hongcheongyo Bridge.

Festival musim dingin yang satu ini terbilang menarik, karena setiap tahunnya akan ada tema yang berbeda. Untuk aktifitasnya, beberapa yang rutin diselenggarakan di event festival ini antara lain memancing ikan trout, seluncur es, dan lain-lain.

28 Desember – 17 Februari
  • Yangpyeong Ice Festival

Lokasi: daerah pedesaan di Yangpyeong
Alamat: 76, Jungwonsan-ro, Yongmun-myeon, Yangpyeong-gun, Gyeonggi-do
Akses: Dari Exit 2 di Stasiun Yongmun (via Jungang Line), jalan kaki menuju Korea Federation of Livestock Cooperatives Yongmum Branch Bus Stop. Dari sana, naik bus no 7-5 dan turun di Johyeon-ri Jangtteul Bus Stop, dilanjutkan jalan kaki menuju lokasi acara.

Festival ini digelar di 10 desa yang berada di wilaya Yangpyeong. Ada banyak aktifitas seru yang digelar di festival ini, seperti meluncur di es, memancing di es, dan lain-lain.

 

baca juga :

Winter In Korea Dan Serunya Wisata Hot Spring

Winter In Korea: Kalender Festival Januari + Februari

Winter In Korea, Kulineran Yuk!

Comments

comments