fbpx
Home Guides Winter In Korea: Kalender Festival Januari + Februari

Winter In Korea: Kalender Festival Januari + Februari

Tadinya saya bermaksud memisahkan daftar festival di bulan Januari dan bulan Februari. Hanya saja, ternyata jumlah festival populer di bulan Februari ternyata nggak sebanyak bulan lainnya.

Supaya afdol, festival di bulan Januari dan Februari ini akan saya tulis sekaligus saja yah. Seperti biasa, tanggal festivalnya sangat tentatif. Pelaksanaannya bisa berubah sewaktu-waktu, jadi monggo di cek dan ricek dulu sebelum datang ke aneka festival berikut ini.

JANUARI

3 – 26 Januari
  • Jaraseom Sing Sing Winter Festival

Lokasi: Gyeonggi-do Gapyeong-gun, Gapyeongcheon Stream area
Alamat: San 7, Daljeon-ri, Gapyeong-eup, Gapyeong-gun, Gyeonggi-do
Akses: dari Stasiun Yongsan, naik kereta ITX ke Stasiun Gapyeong
Harga tiket: bervariasi, tergantung event yang akan diikuti

Festival ini disebut-sebut sebagai festival musim dingin terbesar dan terpopuler di daerah metropolitan. Klaim tersebut tak mengada-ada, karena di festival ini memang terdapat banyak sekali acara seru mulai dari memancing ikan, berseluncur di es, dan berkreasi menggunakan bahan es. Itu belum termasuk show lainnya seperti aneka parade, yang membuat festival ini kental sekali dengan atmosfir khas musim dingin.

3 Januari – 3 Februari
  • Daegwallyeong Snow Festival

Lokasi: Hoenggye-ri area
Alamat: 661-123, Hoenggye 5-ri, Daegwanryeong-myeon, Pyeongchang-gun, Gangwon-do
Akses: dari Dong Seoul Bus Terminal, naik intercity bs ke Heonggye. Dari sana, bisa jalan kaki maupun naik taksi menuju lokasi festival.

Festival ini pertama diadakan pada tahun 1993, dan masih rutin diadakan hingga saat ini (hanya tanggalnya saja yang bisa berubah setiap tahunnya). Ada banyak kemeriahan dalam festival yang disebut-sebut festival musim dingin terbesar di Korea Selatan ini, mulai dari diadakannya aneka lomba (lomba menyanyi, menulis, maraton setengah -ehm- telanjang, dan lain-lain), hingga aneka aktifitas yang mengarah pada permainan.

3 Januari – 16 Februari
  • Korea Grand Sale

Lokasi: bervariasi
Alamat: bervariasi

Suka belanja? Jangan lewatkan event Korea Grand Sale yang berlangsung kurang lebih 45 hari ini. Event diskon besar-besaran ini melibatkan puluhan perusahaan dan puluhan ribu outlet, mulai dari convinience storedepartment store, hingga hotel.

4 – 26 Januari
  • Hwacheon Sancheoneo (Mount Trout) Ice Festival

Lokasi: Hwacheon Stream dan 5 desa di daerah Hwacheon
Alamat: Hwacheon-eup, Hwacheon-gun, Gangwon-do
Akses: dari Dong Seoul Bus Terminal, naik intercity bus ke Hwacheon, dilanjutkan dengan jalan kaki 10 menit ke lokasi festival

Daerah Hwacheon ini termasuk salah satu area yang pertama kali merasakan musim dingin di Korea Selatan. Jadi nggak heran jika di kawasan ini suhu udaranya lebih dingin dibanding daerah lainnya, dan memiliki sungai-sungai berlapis es yang tebal.

Suasana tersebut kemudian dimanfaatkan dengan mengadakan festival es yang mengajak wisatawan untuk bersenang-senang di es, seperti membuat patung dari es, berseluncur di es, dan lain-lain. Tentu saja ada aktifitas seru lainnya seperti memancing di es, menangkap ikan dengan tangan kosong, dan banyak lagi.

Hwacheon Ice Festival [foto: Friar's Balsam/flickr]
Hwacheon Ice Festival [foto: Friar’s Balsam/flickr]
Hwacheon Ice Festival [foto: Friar's Balsam/flickr]
Hwacheon Ice Festival [foto: Friar’s Balsam/flickr]
Hwacheon Ice Festival [foto: Friar's Balsam/flickr]
Hwacheon Ice Festival [foto: Friar’s Balsam/flickr]
Hwacheon Ice Festival [foto: Friar's Balsam/flickr]
Hwacheon Ice Festival [foto: Friar’s Balsam/flickr]
17 – 26 Januari
  • Taebaeksan Mountain Snow Festival

Lokasi: Taebaeksan Provincial Park
Alamat: 4834-31, Taebaeksan-ro, Taebaek-si, Gangwon-do
Akses: dari Dong Seoul Bus Terminal, naik intercity bus ke Taebaek. Dari Taebaek Bus Terminal, naik bus menuju Danggol.

Di festival ini pengunjung dapat melihat berbagai bentuk patung salju, dan aneka kreasi lain yang bertema salju. Tentu saja ada aneka hiburan lainnya seperti pameran patung es, light & ice festival (di danau Hwangji), bermain di lorong salju, naik kereta seluncur salju, dan banyak hal seru lainnya.

18 – 26 Januari
  • Inje Icefish Festival

Lokasi: Injedaegyo Bridge area
Alamat: Nam-myeon, Inje-gun, Gangwon-do
Akses: dari Dong Seoul Bus Terminal, naik intercity bus ke Inje Bus Terminal. Dari sana, naik taksi atau shuttle bus ke lokasi festival.

Walau mengusung tema â€œicefishâ€, festival ini nggak hanya mengajak pengunjung untuk memancing di es saja lho. Ada banyak aktifitas menarik lainnya yang bisa dicoba, seperti main bowling manusia di atas es, kompetisi tarik tambang, sepak bola es, hingga kompetisi memakan ikan hasil memancing di es.

FEBRUARI

14 – 16 Februari
  • Samcheok Jeongwol Daeboreum Festival

Lokasi: Expo Square
Alamat: 45, Expo-ru, Samcheok-si, Gangwon-do
Akses: dari Dong Seoul Bus Terminal, naik express bus menuju Samcheok Bus Terminal. Lanjutkan dengan berjalan kaki menuju Samwon Tower (di seberang terminal bus), dan teruskan berjalan 450 meter menuju Samcheok Expo Square.

Diantara festival musim dingin yang sudah saya tulis sebelumnya, festival ini terbilang unik karena menggabungkan permainan lokal di Samcheok dengan aneka ritual keagamaan. Karenanya, jangan heran jika di festival ini ada beberapa aktifitas ritual yang ditonjolkan, seperti ritual untuk menghormati penguasa gunung, daratan, langit, dan laut; sambil tetap mempromosikan budaya setempat melalui aneka event dan permainan seperti tarik tambang dan aneka permainan tradisional khas Korea lainnya.

15 Februari – 31 Mei
  • Yangpyeong Strawberry Festival

Lokasi: Boritgogae Village, Ssanggyeori Village, Ongdalsaem Ggotnureum Village, Jilul Goraesil Village, Sumi Village, Ddungddanji Village, Garumae Village, Moggoji Village, Yeomulri Village, Arirang Sanchon Village, Organic (Yuginong) Village, Sancheon Janchi Village, Gwasu Village
Alamat: San 48-1, Hwajeon-ri, Yongmun-myeon, Yangpyeong-gun, Gyeonggi-do
Akses: dari Exit 1 di Stasiun Yongmun (via Gyeonggi Subway Jungang Line), jalan kaki 300-400 meter menuju lokasi festival.
Harga tiket: KRW20000*-25000*

Disini saya pernah menulis jika Nonsan adalah daerah penghasil stroberi terbesar di Korea Selatan. Namun tak hanya Nonsan yang populer dengan stroberi, karena daerah Yangpyeong yang dikelilingi oleh pegunungan ini juga populer dengan stroberi-nya.

Selama periode festival (yang durasinya cukup panjang) pengunjung bisa mencoba merasakan bagaimana memetik stroberi dan juga berpartisipasi dalam berbagai program dan aktifitas yang diselenggarakan di masing-masing desa.

***

* Harga sewaktu-waktu dapat berubah.
** Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

 

baca juga :

Winter In Korea: Sunrise Festival

Winter In Korea, Kulineran Yuk!

Winter In Korea Dan Serunya Wisata Hot Spring

Comments

comments