fbpx
Home Guides Wisata Horor Di Tokyo? Siapa Takut! (Part 1)

Wisata Horor Di Tokyo? Siapa Takut! (Part 1)

Mumpung sekarang sedang malam Jum’at, kita sedikit ber-horor ria yuk.. ^^ Sebagai permulaan, ada yang pernah mendengar judul-judul berikut ini?

“The Ring”, “Ju-On”, “Dark Water”, “Chakushin Ari” (One Missed Call).

Jangan mengaku sebagai pecinta film horor jika belum pernah mendengar atau melihat film-film di atas. Ya, film-film tersebut hanya sebagian dari film horor khas Jepang yang memiliki popularitas internasional dan sebagian diantaranya telah diadaptasi oleh Hollywood. Jepang memang terkenal ahli dalam membuat film hantu yang sukses membuat bulu kuduk berdiri, tanpa harus menjual sosok hantu yang berdandan berlebihan.

Sebut saja Sadako yang berambut panjang dan tak pernah menampakkan wajah, serta hantu merayap yang mengeluarkan bunyi khas dalam film Ju-on; itu hanyalah sebagian dari hantu ala Jepang yang image-nya melekat erat dalam benak pecinta film horor.

Tapi walau hantu-hantu tersebut memang menyeramkan dan terasa nyata, semua itu hanya bisa dilihat dalam film alias fiktif. Jika memang suka yang seram-seram dan merasa memiliki nyali besar, mengapa tak mencoba melakukan wisata horor yang sebenarnya? Salah satu kota di Jepang yang menawarkan banyak lokasi populer untuk wisata horor adalah Tokyo.

Ya, walau saat ini Tokyo terkenal sebagai kota modern, banyak jejak peninggalan masa lalu yang dipercaya masih sangat “terikat” dengan masa kini. Tertarik untuk melakukan wisata horor di Tokyo? Coba saja simak daftar destinasi wisata horor favorit berikut ini.

Walau saya nggak menjamin Anda pasti akan menemukan Sadako asli, namun siapa tahu ada salah satu dari tempat berikut yang dekat dengan tempat Anda menginap selama berwisata di Tokyo, sehingga bisa dikunjungi saat bosan dengan alternatif wisata yang itu-itu saja.

Oiwa Inari Tamiya Jinja

Alamat: Samon-cho 17, Shinjuku-ku, Tokyo
Akses: 6 menit jalan kaki dari Stasiun Shinjuku

Oiwa Inari Tamiya Jinja [foto: Google]
Oiwa Inari Tamiya Jinja [foto: Google]

Ini dia salah satu kuil yang paling menyeramkan yang ada di Tokyo. Sebetulnya bukan karena kuilnya yang memiliki bentuk menyeramkan, melainkan karena cerita dibalik berdirinya kuil ini.

Konon beberapa abad yang lalu, tersebutlah seorang wanita bernama Oiwa yang menikah dengan Tamiya Iuzaemon (versi lain menyebut nama Tamiya Iemon). Keduanya merupakan tokoh nyata yang menjadi bagian dari keluarga Tamiya.

Setelah beberapa tahun menikah, Tamiya Iuzaemon lalu meracuni Oiwa agar bisa bersama dengan kekasih gelapnya. Oiwa yang mati penasaran lalu menghantui suaminya, dan membuat keluarga Tamiya tertimpa kemalangan terus menerus hingga akhirnya bangkrut.

Demi menenangkan arwah Oiwa, keluarga Tamiya yang tersisa lalu membangun sebuah kuil yang ditempatkan di dalam rumah keluarga Tamiya dan akhirnya dikenal dengan nama Oiwa Inari Tamiya Jinja. Sejak saat itu, kisah tentang Oiwa yang menjadi hantu dan membalas dendam sukses di angkat ke dalam berbagai pentas kabuki, dan dipercaya sebagai inspirasi lahirnya hantu-hantu Jepang di era modern seperti the Ring dan Ju-on.

Sebetulnya, ada beberapa versi tentang kisah Oiwa dan Tamiya Iuzaemon. Ada juga yang berpendapat bahwa pernikahan Oiwa dan Iuzaemon baik-baik saja, dan cerita tentang pembunuhan serta balas dendam hanya disebarkan oleh orang-orang yang iri pada kesuksesan dan keharmonisan pasangan tersebut. Namun mengingat versi Oiwa sebagai hantu penasaran sudah terlanjur melekat, kuil Oiwa Inari Taiya Jinja ini pun akhirnya populer sebagai salah satu tempat tujuan utama wisata horor di Tokyo.

Sunshine 60

Alamat: 3-1-1 Higashi-Ikebukuro, Toshima, Tokyo
Akses: 3-4 menit jalan kaki dari Stasiun Higashi Ikebukuro (Tokyo Metro Yurakucho Line, Toden Arakawa Line), atau 8 menit jalan kaki dari Stasiun Ikebukuro (JR, Tokyo Metro, Seibu Line, Tobu Line)

Sunshine 60 [foto: Google]
Sunshine 60 [foto: Google]

Ikebukuro boleh saja dikenal sebagai salah satu surga bagi para pecinta fashion maupun para otaku. Namun diantara hingar bingarnya distrik ini, terdapat salah satu spot favorit untuk melakukan wisata horor di Tokyo.

Adalah gedung Sunshine 60 yang disebut-sebut sebagai gedung yang memiliki berbagai fenomena spiritual. Gedung yang pernah menjadi gedung tertinggi di Asia (hingga tahun 1985) dan di Jepang (sebelum digantikan oleh Tokyo Metropolitan Government Building tahun 1991) ini sekilas tak ada bedanya dengan gedung pencakar langit lainnya.

Namun jika kita kembali ke masa kira-kira seratus tahun yang lalu, tepatnya mulai tahun 1895, di lokasi tersebut berdiri sebuah penjara yang paling terkenal di Jepang, yaitu penjara Sugamo. Penjara ini dikenal sebagai tempat ditahannya para tahanan politik. Sejak tahun 1920-1945, berbagai tahanan kriminal lainnya juga mengisi penjara ini.

Pada satu masa, penjara ini bahkan pernah menampung hingga 2000 tahanan dan tercatat beberapa kali menjadi tempat pelaksanaan eksekusi hukuman mati. Barulah pada tahun 1970-an penjara dan area sekitarnya dihancurkan, lalu dibangun menjadi kompleks Sunshine City. Gedung Sunshine 60 sendiri merupakan bagian dari kompleks tersebut.

Sebagai gedung yang berdiri di bekas penjara, banyak yang mengaku pernah melihat fenomena ghaib seperti bola api yang tiba-tiba muncul lalu menghilang. Namun jika penampakan tersebut tak muncul saat Anda berkunjung kemari, Anda masih bisa melakukan aktifitas lainnya. Yang paling populer tentu saja mengamati kawasan Ikebukuro dan sekitarnya dari observation deck yang berada di puncak gedung ini.

Makam Hanzo Hattori di Kuil Sainenji

Alamat: 2-chome 9-Wakaba, Shinjuku-ku, Tokyo 160-0011
Akses: 5 menit jalan kaki dari Stasiun Yotsuya (JR Chuo Line, JR Sobu Line, Tokyo Metro Marunouchi Line)

Makam Hanzo Hattori di Sainen-ji [foto: Gabuchan/google]
Makam Hanzo Hattori di Sainen-ji [foto: Gabuchan/google]

Nama Hanzo Hattori pastilah sudah sangat familiar di telinga penggemar cerita ninja. Sosok yang disebut-sebut sebagai ninja terhebat dan tertangguh itu memang telah banyak diadaptasi ke dalam berbagai cerita ninja.

Dan percaya atau tidak, Hanzo Hattori bukanlah tokoh fiktif. Terlahir sebagai Hattori Masanari (1542-1596), beliau merupakan kepala samurai sekaligus ninja yang mengabdi pada shogun Tokugawa Ieyasu. Hattori terkenal akan kesetiaannya pada klan Tokugawa, dan keahliannya bermain tombak.

Nah, bagi yang penasaran dengan sosok Hanzo Hattori, berkunjunglah ke Kuil Sainen-ji yang terdapat di Shinjuku. Di kuil ini-lah sang ninja hebat tersebut dimakamkan. Tombak dan helm kesayangannya pun masih tersimpan apik di kuil ini. Tak heran jika kemudian muncul cerita banyaknya aktifitas spiritual yang terjadi di makam Hanzo Hattori, membuat tempat ini cukup populer sebagai salah satu destinasi wisata horor di Tokyo.

+ + + + +

Tenang, masih banyak kok spot “seram” lainnya di Tokyo. Tunggu lanjutannya di part 2 ya..

Wisata Horor Di Tokyo? Siapa Takut! (Part 2 END)

Comments

comments