fbpx
Home Guides Wisata Musim Dingin Di Jepang, Lakukan 10 Aktifitas Seru Ini

Wisata Musim Dingin Di Jepang, Lakukan 10 Aktifitas Seru Ini

Wah, ternyata sekarang sudah bulan Desember. Nggak kerasa Jepang sudah mulai masuk ke periode musim dingin yang secara resmi akan berlangsung hingga bulan Februari. Daun-daun yang semula berwarna-warni ceria di musim gugur mulai meranggas dan menyisakan batang-batang pohon yang terlihat suram tanpa warna.

Udara akan semakin dingin, dan koleksi pakaian mini terpaksa berhibernasi dulu di lemari dan kedudukannya digantikan oleh mantel yang lebih tebal. Sekilas, musim dingin itu terlihat suram yah !?

Well, sebetulnya musim dingin nggak sesuram itu kok. Jika kalian memiliki agenda wisata ke Jepang, ada banyak hal menarik yang tetap bisa dilakukan di musim dingin. Setidaknya 10 aktifitas wisata seru ini bisa teman-teman lakukan untuk menceriakan wisata musim dingin di Jepang.

1. Mengunjungi berbagai festival musim dingin

Jepang punya banyak sekali festival es populer yang terdapat di berbagai daerah. Tentu saja yang paling populer adalah aneka festival musim dingin yang terdapat di daerah Hokkaido, pulau paling utara di negara Jepang yang kerap dijuluki yukiguni alias negeri salju.

Ada beberapa festival musim dingin keren di Hokkaido. Yang paling terkenal adalah Sapporo Snow Festival yang digelar di kota Sapporo, biasanya di awal bulan Februari. Pada festival ini pengunjung dapat melihat aneka patung salju dengan bentuk yang unik yang akan membuat mata terbelalak.

Asahikawa Winter Festival juga cukup populer untuk wisatawan asing. Otaru Snow Light Path yang diselenggarakan di kota Otaru juga cukup menarik minat wisatawan. Atau jika pergi ke prefektur Akita, ada Yokote Kamakura Festival yang menampilkan banyak rumah salju berbentuk iglo.

Asahikawa Winter Festival [foto: 京浜にけ/wikimedia]
Asahikawa Winter Festival [foto: 京浜にけ/wikimedia]

2. Main salju dan main es

Mumpung wisata ke negara 4 musim, aktifitas main salju jelas nggak boleh dilewatkan sekalipun misalnya kalian hanya tertarik untuk sekedar membuat boneka salju. Jepang punya banyak resort ski keren yang tersebar di berbagai daerah, termasuk di area sekitar Gunung Fuji. Jika tertarik untuk mencari salju selama berada di Jepang, bisa lihat tulisan ini: Wisata Musim Dingin ke Jepang, Lihat Salju dimana?

Naqua Shirakami Ski Resort di Aomori [foto: Ski Mania/wikimedia]
Naqua Shirakami Ski Resort di Aomori [foto: Ski Mania/wikimedia]

3. Mencoba olah raga musim dingin maupun olah raga salju

Jika teman-teman tertarik untuk main ke ski resort saat musim dingin di Jepang, jangan hanya mencoba main ski saja ya! Akhir-akhir ini beberapa ski resort kerap menawarkan atraksi musim dingin yang unik, seperti snowshoeing (berjalan menembus salju tebal dengan menggunakan sepatu salju), naik banana boat di atas salju, mengendarai motor salju, dan banyak lagi.

Main ski di Sahoro Resort, Hokkaido [foto: Hokkaido-man/wikimedia]
Main ski di Sahoro Resort, Hokkaido [foto: Hokkaido-man/wikimedia]

4. Mencoba drift ice

Dalam bahasa Jepang, istilah untuk drit ice adalah ryuhyo. Aktifitas ryuhyo ini sejatinya merupakan aktifitas untuk membelah lautan Jepang yang membeku saat musim dingin tiba dengan menggunakan kapal, maupun sekedar berjalan-jalan di atas lautan yang membeku sambil mengamati aktifitas alam disekitarnya. Kota yang populer menawarkan aktifitas ryuhyo adalah kota Abashiri dan Mombetsu di Hokkaido.

Berjalan di atas salju yang mengapung di lautan di Abashiri, Hokkaido [foto: 221.20/wikimedia]
Berjalan di atas salju yang mengapung di lautan di Abashiri, Hokkaido [foto: 221.20/wikimedia]

5. Skating outdoor

Skating indoor? Sudah biasa. Bahkan di Indonesia yang notabene merupakan negara tropis, terdapat beberapa tempat skating indoor di kota-kota besarnya. Untuk sensasi lain, coba deh melakukan skating outdoor yang hanya bisa dilakukan saat musim dingin tiba. Ada keseruan lain dari skating outdoor dibanding skating indoor, yaitu kalian bisa sekaligus menikmati iluminasi Natal (jika berseluncur di malam hari).

Umeda Skating Rink, Osaka [foto: Mc681/wikimedia]
Umeda Skating Rink, Osaka [foto: Mc681/wikimedia]

6. Melihat iluminasi Natal

Iluminasi Natal mudah ditemukan di berbagai negara 4 musim saat musim dingin tiba. Namun jika kita bicara tentang Jepang, kalian boleh mengharapkan adanya iluminasi Natal yang super istimewa karena Jepang memang terkenal sebagai negara yang unik dan kreatif. Dan memang, iluminasi Natal di berbagai kota di Jepang memang terkenal luar biasa kerennya.

Iluminasi Natal di Tokyo Midtown tahun 2014 [foto: Kakidai/wikimedia]
Iluminasi Natal di Tokyo Midtown tahun 2014 [foto: Kakidai/wikimedia]

7. Berendam di onsen

Apa yang lebih mantap dibanding berendam di air hangat/panas saat musim dingin tiba. Dan lebih keren lagi jika aktifitas berendam tersebut dilakukan di onsen outdoor. Apalagi jika onsen outdoor tersebut berada di daerah dengan pemandangan indah di musim dingin, seperti di area pegunungan. Berendam di air panas sambil menikmati hamparan salju putih di sekitar tempat onsen? Sepertinya keren! Lihat saja beberapa foto onsen outdoor di musim dingin berikut ini.

Ganiba Onsen, Akita [foto: Fumiaki Yoshimatsu/wikimedia]
Ganiba Onsen, Akita [foto: Fumiaki Yoshimatsu/wikimedia]
Maguse onsen. Tolong abaikan saja foto yang lagi berdiri yah >_< [foto: Yosemite/wikimedia]
Maguse onsen. Tolong abaikan saja foto yang lagi berdiri yah >_< [foto: Yosemite/wikimedia]
Osawa Onsen di Iwate [foto: Roddy McDougall/wikimedia]
Osawa Onsen di Iwate [foto: Roddy McDougall/wikimedia]

8. Belanja!

Menjelang tahun baru, biasanya akan ada banyak penawaran diskon yang super heboh. Beberapa tempat perbelanjaan akan menawarkan barang-barang (biasanya barang-barang yang sudah lewat musimnya) dengan harga yang super miring. Jadi, jika teman-teman bukan termasuk pecinta aktifitas outdoor, menghabiskan waktu sambil berbelanja barang-barang diskonan oke juga, tentunya selama budget wisata mencukupi yah, hehe.

9. Melakukan hatsumode

Hatsumode merupakan istilah untuk melakukan kunjungan pertama ke kuil saat perayaan tahun baru. Tradisi ini rutin dilakukan oleh orang Jepang saat hari pertama tahun baru. Jika memang tertarik untuk mengenal budaya Jepang, dan jika kebetulan berada di Jepang saat perayaan tahun baru, mengikuti hatsumode bisa memberikan sebuah pengalaman liburan yang unik karenahatsumode bisa dilakukan oleh ratusan bahkan ribuan orang.

Ditambah dengan banyaknya stand makanan yang sengaja didirikan di area kuil, suasana hatsumode terasa begitu khas dan Jepang banget.

Berdoa di kuil saat tahun baru [foto: Opponent/wikimedia]
Berdoa di kuil saat tahun baru [foto: Opponent/wikimedia]

10. Makan kuliner musim dingin sambil mencoba kotatsu

Ada banyak kuliner khas musim dingin yang menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah Nabe, alias makanan panci khas Jepang. Makanan berkuah hangat ini nikmat disantap di musim dingin, apalagi jika dilakukan sambil menghangatkan kaki di kotatsu (meja dengan penghangat). Wah, terasa sekali semangat musim dingin ala Jepang-nya.

Kotatsu [foto: …some guy/wikimedia]
Kotatsu [foto: …some guy/wikimedia]

Bonus:

Berkunjung ke taman bergaya Jepang juga bisa jadi alternatif wisata yang keren, apalagi jika taman tersebut diselimuti salju saat musim dingin tiba. Taman bergaya Jepang punya lanskap yang bervariasi, dan akan menarik sekali melihat salju menutupi berbagai vegetasi di taman Jepang.

PS: Jika kalian lebih tertarik untuk pergi ke Korea Selatan, bisa baca Winter in Korea: Apa, Kenapa, dan Bagaimana untuk ide aktifitas wisata di musim dingin. Aktifitasnya hampir-hampir mirip karena Korea Selatan dan Jepang memang berdekatan dan kedua negara tersebut memang memiliki hubungan secara historis, namun tetap saja ada perbedaan karena adanya perbedaan budaya dan obyek wisata.

***

*Seluruh foto diambil melalui creative commons. Tidak ada perubahan dari foto aslinya. Credit nama berdasarkan username flickr/wikimedia.

Comments

comments